Cara Tepat Merawat dan Menangkarkan Kenari

jurus-sukses-menangkan-kenariKenari merupakan jenis burung kicauan yang digemari hobiis, baik lokal maupun mancanegara. Burung mungil ini selain bersuara merdu, bulunya berwarna cantik dan bentuk tubuh yang menggemaskan. Di berbagai benua, kenari dikonteskan karena kemerduan suara, bentuk bodi, dan warnanya. Sayangnya, di Indonesia kenari Iebih banyak dilombakan kemerduan suaranya daripada warna dan bentuk tubuhnya.
Satwa elok ini sudah menjadi salah satu klangenan yang bisa mendatangkan hasil jutaan rupiah bagi pemelihara dan penangkarnya. Keragaman burung ini di tanah air sudah relatif banyak, walaupun belum semua penangkar mencoba menernakkan semua jenisnya. Selain karena belum semua jenis kenari berhasil ditangkarkan, kenari-kenari yang memiliki bentuk tubuh yang bagus dan berwarna indah memang belum dilirik untuk dilestarikan oleh hobiis di Indonesia.

Kebanyakan kenari di tanah air adalah kenari-kenari yang bersuara merdu dengan tubuh yang kekar. Biasanya kenari bertubuh kekar yang memiliki suara besar dan lantang dijadikan indukan jantan. Salah satunya, kenari yorkshire yang sangat digemari oleh peternak karena tubuhnya besar, serta suaranya juga besar dan lantang. Jenis ini sering dijadikan indukan jantan yang bagus untuk disilangkan dengan kenari bersuara panjang seperti kenari lizard.

Namun, meskipun kenari sudah lama ditangkarkan dan dikonteskan, sampai saat ini belum banyak buku yang membahas tentang perawatannya secara lengkap dan akurat. Oleh sebab itu, Kian Sing & Maloedyn Sitanggang menulis buku “Jurus Sukses Merawat & Menangkarkan Kenari” ini memberikan solusi jawabannya.

Penulis yang sudah bertahun-tahun malang melintang dan dikenal sebagai pakar kenari ini berbagi pengetahuan tentang menangkar dan merawat kenari kepada hobiis kenari. Khususnya, para pemain kenari pemula agar pada kemudian hari tidak mengalami kerugian jika berminat untuk merawat dan membudidayakan kenari.

Buku terbitan AgroMedia Pustaka ini berisi pembahasan pembahasan aspek morfologi kenari, memilih kenari kontes dan indukan, peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, teknik perawatan, melatih kenari kontes, menangkarkan kenari, dan mengatasi penyakit pada kenari.
Buku ini dilengkapi dengan pembahasan berbagai jenis kenari yang belum pernah ada pada buku sebelumnya. Buku ini juga membahas secara gamblang tentang tata cara beternak kenari yang sukses dan mengatasi berbagai persoalan pengembangbiakan, pakan, dan perawatan piyik kenari. Alhasil buku ini memberikan jalan tepat tentang cara tepat merawat dan menangkarkan burung kenari.