Menanam Melon di Pekarangan

Bisnis melon memang bukanlah bisnis yang kecil. Biasanya, orang-orang yang berbisinis di bidang ini melakukannya dengan skala yang besar di lahan yang luas. Namun, siapa sangka kalau melon juga bisa ditanam di lahan yang terbatas.

Misalnya saja pekarangan rumah Anda. Beberapa pekebun memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk membuat greenhouse. Dengan greenhouse, tanaman melon bisa terlindung dari cuaca yang tidak diinginkan, seperti hujan deras dan angin kencang.

Untuk pembibitan dan cara penanaman melon di pekarangan rumah, memang tidak jauh berbeda dengan pembibitan melon di lahan. Hanya saja, wadah yang bisa digunakan di pekarangan adalah pot atau polibag berdiameter minimum 30 cm. Namun, pot yang tidak mempunyai kaki harus diganjal dengan batu bata agar sisa air siraman bisa turun dengan leluasa. Pot yang sudah ditanami bibit melon, sebaiknya diletakkan dengan jarak 1-1,5 m dengan jarak antarbarisan 1,5 m.

Tanaman melon tetap membutuhkan ajir. Apabila pekarangan tempat menanam melon berupa lantai semen, ajir tentu tidak bisa ditancapkan. Maka untuk mengakalinya, ajir bisa dibuat dengan tiga kaki. Maksudnya, tiga batang ajir disatukan di bagian atasnya sehingga ajir tidak akan roboh.

Dari sisi perawatan tanaman, melon dalam pot juga tidak jauh berbeda dengan tanaman di lahan luas. Karena melon yang ditanam sedikit, penggunaan pupuk dan pestisida harus diperhitungkan. Jangan sampai menyisakan pupuk dan pestisida yang sudah dicampur air terlalu banyak karena hal ini berarti pemborosan.

Apabila jumlah tanamannya hanya sedikit, penyemprotan bisa dilakukan dengan hand sprayer. Namun, jika tanamanan berjumlah puluhan gunakanlah sprayer pull push yang hanya berupa lobang nozel dan selang, tanpa tabungnya. Karena itu, dalam penggunaannya sprayer ini harus disambungkan dengan ember atau wadah lain sebagai wadah larutan pestisida.

Di areal penanaman melon di pekarangan, sebaiknya disediakan gudang kecil dan kran air khusus. Gudang tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan alat pertanian, pupuk, pestisida, dan bahan pertanian lainnya. Sedangkan keran air berfungsi sebagai sarana mencuci segala macam keperluan dan anggota badan kita dari pestisida dan bahan kimia lainnya.

Bertanam melon di pekarangan ini ditulis oleh Redaksi AgroMedia Pustaka dalam buku Budi Daya Melon. Dalam buku ini, Redaksi AgroMedia juga mengungkapkan tata cara menyiapkan lahan untuk perkebunan melon, menyiapkan dan menanam bibit melon, serta cara mengendalikan hama dan penyakit pada melon.