Panduan Bertanam dan Bisnis Pohon Jabon

bertanam-jabonJabon merupakan salah satu jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat. Saat ini, jabon menjadi andalan industri perkayuan, termasuk kayu lapis, kayu lamina, dan industri perkayuan Iainnya. Pasalnya, jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya seperti sengon yang sudah popular di masyarakat.


Selain pertumbuhannya yang cepat, keunggulan jabon di antaranya memiliki tingkat kelurusan batang yang sangat bagus, cabangnya rontok sendiri sehingga tidak memerlukan pemangkasan, dan Iebih tahan penyakit.

Prospek bisnis budi daya jabon sangat menguntungkan. Seiring kenaikan harga jual kayu jabon, bisnis ini dapat mendatangkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Jaminan pasar yang siap menampung panen kayu jabon menjadikan pembudidayaan jabon memiliki peluang usaha yang sangat baik.

Kayu jabon merupakan hasil hutan yang memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk bahan bangunan, bahan baku furnitur, industri kertas, dan kerajinan tangan. Awalnya, hasil hutan berupa kayu diperoleh dari hutan alam yang mampu menghasilkan jutaan meter kubik kayu. Namun, saat ini kebutuhan kayu menjadi sulit dipenuhi jika hanya mengandalkan hutan alam. Pasalnya, produktivitas hutan alam sudah mengalami penurunan akibat penebangan liar, kebakaran hutan, dan konversi lahan hutan menjadi areal perkebunan dan pertanian.

Kebutuhan kayu nasional yang mencapai lebih dari 60 juta m³/tahun menjadi latar belakang adanya peluang bisnis yang menarik untuk dikembangkan. Peluang mendapatkan keuntungan dengan cara membangun hutan buatan untuk menanam berbagai jenis tanaman hutan. Jenis tanaman hutan yang ditanam harus memenuhi beberapa persyaratan, sebagai berikut.

1. Waktu masak tebang atau panen relatif pendek.
2. Pengelolaan relatif mudah.
3. Persyaratan tempat tumbuh tidak rumit.
4. Hasil kayunya serbaguna atau multiguna.
5. Permintaan pasar terus meningkat.
6. Membantu menyuburkan tanah dan memperbaiki kualitas lahan.

Di dalam buku “Bertanam Jabon” yang ditulis oleh Dadan Mulyana, S.Hut., M.Si, Ceng Asmarahman, S.Hut., M.Si, & Idham Fahmi, S.Hut ini dibahas berbagai hal mengenai jabon, mulai dari pengenalan jabon, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan, pemasaran, hingga analisis usaha budi daya jabon.

Dengan demikian, buku terbitan AgroMedia Pustaka ini bisa Anda jadikan panduan tepat bagi Anda dalam memulai atau mengembangkan bisnis tanaman jabon. Tujuannya, agar investasi Anda berjalan sesuai harapan dan menguntungkan.