Panduan Sukses Bertanam Durian

Durian merupakan tumbuhan istimewa yang hanya tumbuh di dataran tropis. Aroma dan kelezatan buah ini sudah populer di masyarakat. Laksana feronom, aroma durian mampu menyihir siapa saja yang mencium aroma buah berduri ini. Sebelum berkembangnya teknologi pertanian, durian hanya bisa dinikmati pada musimnya. Selain itu, kualitas buah juga sangat jarang ditemui yang sangat bagus. Sebab, buah yang dipanen rata-rata menggunakan sistem tanam alami, tanpa dikelola dengan secara ideal, baik pembibitan, pemupukan, pembuahan, maupun pemeliharaan.

Padahal, durian dari segi bisnis sangat prospektif . Pangsa pasar, baik lokal maupun luar negeri peluang usaha bisnis durian sangat terbuka lebar. Tentu bertanam durian merupakan investasi dan bisnis yang menjanjikan.

Namun, bertanam durian yang ideal membutuhkan wawasan yang mencukupi. Sebab, buah durian yang dihasilkan tergantung kepada beberapa faktor penting. Yaitu, di antaranya, pemilihan media tanam, pembibitan, teknik penanaman, pemeliharaan, dan pembuahan.

Dalam buku "Sukses Bertanam Durian"  ini, dibahas secara detail bagaimana mengenal durian, misalnya taksonomi durian, morfologi durian, iklim, dan tanah yang cocok bagi tanaman durian, bagaimana mengenal varietas unggul lokal dan luar negeri, memilih bibit, mempersiapkan lahan, mengatur jarak tanam, lubang, dan teknik penanaman yang ideal.

Selain itu, buku yang ditulis oleh Bernard T. Wahyu Wiryanta ini juga menjelaskan bagaimana mengatur pola pengairan, pemupukan, pemangkasan, merangsang pertumbuhan bunga, dan bagaimana cara mengatur pembuahan agar menghasilkan buah berkualitas terbaik dan berbuah sepanjang waktu sesuai jadwal yang kita inginkan.  

Sebagaimana tumbuhan-tumbuhan lainnya, durian memiliki penyakit khusus yang biasa menyerang. Di antarnya disebabkan oleh cendawan Phytophbora palmivora yang mengakibatkan kematian pada tanaman, yang merupakan penyakit utama paling ditakuti oleh petani durian. Tentu, buku ini mengupasnya dengan mudah serta memberikan solusi agar hama dan penyakit pada durian bisa diantisipasi dan diberantas.

Semoga sukses!