Petunjuk Praktis Bertanam Mangga

Lebih memungkinkan lagi jika Anda memiliki halaman luas atau kebun sehingga bisa ditanami mangga lebih banyak dengan memilih jenis-jenisnya sesuai keinginan. Misalnya, dipilih empat jenis pohon mangga sehingga Anda bisa panen mangga di kebun sendiri dengan cita rasa yang berbeda-beda. Bahkan, sebenarnya bisa juga dijadikan sumber penghasilan dengan pola bisnis untuk kepentingan konsumsi pasar.

Ada banyak varietas unggul yang bisa Anda pilih, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Di antaranya, mangga golek, mangga manalagi, mangga arumanis, mangga gedong, mangga indramayu, mangga apel, mangga podang urang, mangga mentraman, mangga madu, dan mangga dok mai. Dari berbagai jenis mangga, ada jenis-jenis mangga yang bisa berbuah sepanjang musim, seperti mangga apel, chokanan, manalagi kecil, okong, dan thongdam.

Seperti bertanam jenis tanaman buah lainnya, bertanam mangga juga memerlukan bibit yang berkualitas untuk menghasilkan pohon dan buah yang berkualitas. Bibit yang digunakan sebaiknya dibeli dari penangkar bibit bersertifikat yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Atau bisa juga Anda memperolehnya melalui pembibitan sendiri menggunakan biji atau dengan membeli bibit mangga yang siap tanam.

Untuk memfasilitasi kebutuhan informasi dan teknik bertanam serta merawat mangga di dalam pot dan di kebun, penerbit Tim Redaksi AgroMedia mempersembahkan buku Bertanam Mangga di Dalam Pot & di Kebun. Buku ini sengaja disusun sederhana dan ringkas sehingga Anda mudah mempraktikkannya.

Buku terbitan AgroMedia Pustaka ini berisi pembahasan penting tentang bertanam mangga secara baik dan benar untuk menghasilkan pohon dan buah yang berkualitas. Di antaranya, tentang aneka varietas mangga unggul, cara perbanyakan tanaman mangga, teknis penanaman hingga perawatan harian, aneka tip untuk merangsang pembungaan dan pembuahan mangga, serta cara pengendalian hama dan penyakit.