Sukses Memelihara dan Menangkarkan Lovebird

lovebirdsicantikbersuaramerduLovebird merupakan burung cantik yang suaranya kerap dilombakan. Sekitar enam tahun lalu, burung ini hanya dijadikan sebagai burung master untuk melatih burung ocehan lainnya sepert kenari, anis, dan murai. Namun, saat ini lovebird naik daun dan menjadi klangenan pilihan. Selain karena kecantikan bulunya, lovebird juga dipelihara karena kemerduan suara dan kepandaiannya menirukan suara burung lain.

Ketelatenan dan ketelitian dalam penanganan serta perawatannya merupakan kunci keberhasilan dalam mengonteskan lovebird kesayangan. Di negara lain, lovebird dikonteskan karena kecantikan warna dan bentuk tubuhnya, sedangkan di Indonesia lovebird dikonteskan karena suara ocehannya. Dalam lomba lovebird, suara ocehannya disebut trecetan atau “tembakan”.

Banyak pemain burung ocehan lain yang beralih melatih dan menangkarkan lovebird dengan harapan membangun citra peternakannya dengan mengonteskan lovebird andalannya. Lovebird yang menjadi juara lomba akan diternakkan untuk menghasilkan anakan yang bagus dan bisa dijual dengan harga lumayan bagus.

Bagaimana cara melatih lovebird agar siap kontes? Bagaimana pula cara mengawinkannya? Apa saja kendala yang mungkin dihadapi peternak dan pemain lovebird? Buku Lovebird Sicantik Bersuara Merdu ini menjadi sebuah jawaban tepat. Pasalnya, buku yang ditulis oleh Yudiantoro & Maloedyn Sitanggang ini membahas seputar pemeliharaan lovebird secara detil, namun praktis.

Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini dibahas mulai dari pengenalan seputar lovebird, cara memilih bakalan lovebird yang berkualitas, persiapan pemeliharaan, perawatan harian dan menjelang lomba, kontes lovebird, menangkarkan lovebird, hingga mencegah dan mengatasi gangguan penyakit. Buku ini benar-benar telah disusun untuk membantu Anda dalam meraih sukses dalam memelihara dan menangkarkan lovebird.