Sukses Usaha dan Budi Daya Tanaman Buah Unggul

Tanaman buah Indonesia mendapatkan tempat yang baik di pasaran, baik lokal maupun internasional. Pada tahun 2006 saja, Indonesia sudah mengekspor lebih dari 262 juta kg buah-buahan dari 13 jenis buah-buahan unggul. Di antaranya, nanas, manggis, pisang, jeruk, mangga, dan jeruk.

Sebenarnya, untuk kebutuhan di dalam negeri pun, produksi buah nasional masih belum mencukupi. Akibatnya, buah-buahan impor ikut mendominasi pasar-pasar swalayan di tanah air. Di antara kendala permasalahannya ialah karena buah-buahan tropis Indonesia akan melimpah pada saat panen raya saja, belum ada pengelolaan produksi dan pengaturan masa panen yang optimal, pohon buah di Indonesia masih berasal dari hutan-hutan liar atau masih dikelola dalam skala pekarangan dan kurang mendapat perawatan yang maksimal.

Melihat skala kebutuhan konsumsi buah yang sangat tinggi di atas, tentu peluang pasar buah unggul Indonesia masih sangat terbuka lebar, baik di pasar tradisional, pasar modern, maupun pasar ekspor. Misalnya, sekalipun durian monthong sangat populer di Thailand, namun mereka masih sangat membutuhkan buah-buahan durian monthong Indonesia untuk memenuhi konsumsi negaranya yang sangat besar.

Dengan demikian, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi akan buah-buahan unggul Indonesia yang sangat tinggi itu, diperlukannya budi daya dan penanganan yang sistematik. Yakni mulai dari membuat sistem perbanyakan, seperti sistem okulasi dan pucuk sambung; pembukaan lahan dan pengolahan media tanam, penentuan pola tanam, penanaman, pemeliharaan dan perawatan tanaman, pengendalian hama dan penyakit, sampai kepada pascapanen dan pemanenan.

Melalui teknik yang tepat, tanaman yang dihasilkan pun akan sehat dan cepat berbuah dengan kualitas buah yang unggul. Misalnya, dengan sistem okulasi dan sambung pucuk, pada usia 1—4 tahun sudah mulai produktif, dan buah yang dihasilkan pun memunyai sifat yang sama dengan induknya. Sehingga, kita bisa menciptakan perbanyakan tanaman unggul dari indukan yang unggul pula.

Selanjutnya, bagaimana mekanisme praktisnya agar kita bisa melakukan teknik budi daya ini mulai dari A – Z? Nah, AgroMedia Pustaka menerbitkan "Buku Pintar Budi Daya Tanaman Buah Unggul Indonesia" yang disusun oleh Redaksi Agromedia Pustaka. Buku ini akan menjawab kesulitan Anda dan membimbing Anda bagaimana membudidayakan tanaman buah unggul Indonesia.

Buku ini sangat membantu siapa saja yang ingin membuat perubahan dalam lingkungannya dalam memanfaatkan lahan secara produktif. Bahkan, apabila dilakoni secara serius, Anda bisa menjadi seorang petani dan pebisnis tanaman buah yang sukses. Selamat berkarya!