Untung Besar dari Bisnis Peternakan Domba

buku-pintar-bisnis-dombaMenjelang hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, permintaan domba meningkat tajam. Pasalnya, pada bulan tersebut masyarakat Islam di seluruh dunia sudah mempersiapkan hewan potongnya untuk dikurbankan mulai dari tanggal 10—13 Dzulhijjah.



Momentum ini sangat tepat dijadikan peluang besar oleh pebisnis hewan ternak. Selain meningkatnya permintaan, harganya pun ikut naik seiring besarnya kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu, keuntungan yang diraih juga bisa berlipat ganda.

Selain itu, banyaknya rumah makan penyedia daging domba dan katering juga mengisyaratkan besarnya peluang usaha beternak domba. Ditambah, semakin bermunculannya jasa layanan akikah yang juga menggunakan daging domba sebagai bahan baku utamanya.

Bagi Anda yang memiliki hewan ternak berupa domba, namun masih dalam skala kecil, bisa mengembangkannya menjadi lahan bisnis yang lebih besar. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa mempelajarinya dengan mudah. “Buku Pintar Beternak & Bisnis Domba” terbitan AgroMedia Pustaka ini bisa Anda jadikan referensi tepat dalam mengembangkan dan memulai usaha peternakan domba.

Ada dua segmen bisnis peternakan domba, yaitu meliputi penggemukan dan pembibitan. Keduanya sama-sama memiliki prospek menguntungkan. Dalam keadaan hidup, domba bisa dijual berupa bakalan untuk digemukkan, bakalan sebagai indukan, atau domba untuk hewan kurban. Permintaan tiap tahunnya mencapai ratusan ribu ekor yang cenderung semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Buku yang ditulis oleh Tim Penulis MT Farm & Bagus Harianto ini menerangkan secara rinci dan jelas berbagai hal terkait beternak dan bisnis domba, baik dari sisi pembibitan maupun penggemukan. Mulai dari pengenalan jenis-jenis domba potensial sebagai domba pedaging, persiapan usaha, manajemen, hingga berbagai hal terkait usaha pembibitan dan penggemukan domba.

Tidak ketinggalan, dijelaskan juga berbagai tip menjadi peternak domba yang sukses, alur, dan kiat memasarkan domba, baik dalam bentuk hidup maupun karkas (daging), hingga analisis usaha pembibitan dan penggemukan domba.

Alhasil, Anda bisa menggunakan kemampuan Anda melalui buku ini untuk menguji dan merebut nasib baik Anda dalam beternak dan bisnis domba.