Cara Tepat Merawat Anggrek Tampil Sehat dan Cantik

petunjuk-merawat-anggrekAnggrek lebih banyak dikenal orang daripada jenis tanaman hias lainnya. Pamornya sudah terkenal sejak dahulu. Untaian bunganya yang tersusun indah dengan bentuk dan corak bunga yang beragam membuat hobiis tidak pernah merasa bosan memelihara dan merawat tanaman hias ini.



Kecantikan bunga anggrek dihiasi dengan corak yang bervariasi, dari titik-titik abstrak hingga berpola. Tipikal bunganya pun beragam, dari yang berukuran kecil-kecil menjuntai, berpilin, hingga yang menyerupai rangkaian bunga, seperti sikat botol.

Namun, di dalam perawatan tanaman anggrek memerlukan pengetahuan yang cukup agar anggrek tumbuh sehat dan indah. Misalnya, jika tiba-tiba anggrek kesayangan Anda layu, bunga rontok, daun menguning, dan akhirnya mati. Padahal, segala cara sudah dicoba. Namun, sayang sang anggrek tetap tidak tertolong. Hal ini disebabkan karena perawatan hariannya yang kurang tepat.

Ada beberapa faktor penunjang yang perlu diperhatikan oleh setiap hobiis anggrek. Di antaranya, kebutuhan cahaya matahari, temperatur suhu udara harus sesuai dengan kebutuhannya, kelembapan, dan sirkulasi udara. Selain itu, ketika membeli bibit juga mesti teliti. Salah memilih bibit sudah pasti pertumbuhan selanjutnya akan mengecewakan.

Nah, bagaimana penjelasan lengkapnya tentang teknik perawatan anggrek yang tepat? Buku “Petunjuk Praktis Merawat Anggrek” karya Ir. Hadi Iswanto ini akan menjelaskannya kepada Anda secara terperinci, namun praktis dan mudah dipahami.

Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini dibahas mulai dari wawasan pengenalan seputar anggrek, teknik perawatan anggrek agar tumbuh sehat, lebat, dan indah, teknik perbanyakan anggrek secara vegetatif dan generatif, teknik membeli bibit, hingga pengendalian hama dan penyakit.

Go green…!