Menciptakan Tanaman Sehat dengan Pupuk Organik

meningkatkan-hasil-panen-organikPupuk merupakan salah satu unsur penting dalam proses budi daya pertanian. Namun, saat ini penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat merusak sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Keadaan ini akan merugikan, baik untuk ekosistem alam maupun kesejahteraan petani. Karena penggunaan pupuk kimia yang terus-menerus meningkat jumlahnya tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh.

 


Penurunan produksi, adanya serangan hama dan penyakit, serta penurunan kualitas produk pertanian yang mengandung bahan kimia menjadi alasan untuk kembali memikirkan konsep pertanian organik yang mengutamakan keseimbangan alam. Pertanian organik mampu mengembalikan fungsi tanah dan air sebagai tempat hidup yang layak bagi tanaman, ternak, dan ikan.

Konsep pertanian ini dapat didukung dengan penggunaan pupuk yang aman bagi tanah, air, dan organisme yang hidup di dalamnya. Pupuk tersebut dikenal dengan sebutan pupuk organik, baik dalam bentuk padat maupun cair. Pupuk organik mulai digunakan petani di Indonesia seiring dengan pola hidup yang cenderung back to nature. Penggunaan bahan organik, termasuk pupuk organik cair mulai digemari masyarakat.

Saat ini, produk makanan yang dibudidayakan secara organik lebih disukai masyarakat. Alasannya, makanan tersebut lebih sehat karena terbebas dari residu bahan-bahan kimia yang berasal dari pupuk dan pestisida anorganik. Di negara-negara maju, masyarakatnya mulai beralih mengonsumsi produk-produk organik.

Penggunaan pupuk organik memiliki banyak keuntungan, di antaranya, memperbaiki sifat kimia dan sifat fisika tahan, meningkatkan daya serap tanah terhadap air, meningkatkan efektivitas mikroorganisme tanah, lebih murah, ramah lingkungan, dan meningkatkan kualitas produksi.

Nah sekarang, bagaimana kita membuat sistem pertanian organik ini? Langkah-langkah apa saja yang mesti diterapkan? Buku “Meningkatkan Hasil Panen dengan Pupuk Organik” terbitan AgroMedia Pustaka ini memberikan jawabannya secara lengkap dan praktis.

Di dalam buku yang ditulis Ayub S. Pernata memaparkan fungsi dan cara pembuatan pupuk organik cair beserta cara aplikasinya untuk tanaman, ternak, dan ikan. Dilengkapi dengan pengetahuan mengenai zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman, ternak, dan ikan beserta fungsinya.