Customer Login

Lost password?

View your shopping cart

Blog

memilih arwana

Lima Cara Mudah Memilih Ikan Arwana “Si Raja Ikan Hias”

Tahukah Anda, selain untuk hobi, ternyata ikan Arwana dipercaya membawa “keberuntungan” bagi yang merawatnya. Ada yang percaya tipe penolak bala hadir pada ikan jenis Golden Red Arwana. Sementara itu, jenis Golden Pino dipercaya membawa rezeki. Ada juga jenis Arwana yang diyakini bisa mendatangkan kesembuhan bagi pemilik yang sedang sakit. Benar tidaknya, tergantung kepercayaan masing-masing.

Dahulu penghobi ikan Arwana tumbuh dan berkembang dari kalangan ekonomi menengah atas. Namun, semenjak maraknya internet dan media sosial, hobiis dari berbagai usia dan kalangan bermunculan menggemari ikan hias air tawar ini. Begitu juga komunitas dan klub penggemar arwana di media online, serta kontes-kontes di daerah-daerah juga ikut ramai.

Di kalangan hobiis ikan hias, Arwana dikenal awet dan stabil untuk urusan tren. Hal ini disebabkan harga ikan Arwana, khususnya tipe Red, cukup stabil di pasaran. Selain itu, jenis ikan Arwana tergolong kuat siklus hidupnya. Maka tidak heran jika ada yang menyebut Arwana sebagai ikan hobi sepanjang masa.

Selain sebagai hobi, ada juga hobiis yang memanfaatkan sebagai barang “investasi”. Ya ada yang merawat Arwana untuk tujuan bisnis, jual beli. Dari anakan ikan yang dibeli dengan harga jutaan rupiah. Ketika dipelihara selama 5—7 tahun, harga Arwana bisa mencapai belasan, bahkan hingga puluhan juta rupiah.

 

arwana_perak

Cara Memilih Arwana

Langkah awal memilih Arwana adalah dengan mengenali jenis dan anatomi fisik ikan Arwana. Arwana asli Indonesia dikenal dengan Arwana Super Red yang berasal dari sungai Kapuas dan Danau Setarum, Kalimantan. Selain asli Indonesia, ada juga Arwana yang berasal dari Asia dan Afrika.

Bagi pemula hobiis ikan Arwana, berikut tip dan cara memilih jenis ikan Arwana yang disarankan oleh Sriyadi Arwana, seorang owner PT Arwana Citra Ikan Hias Indonesia dan penulis buku “Memelihara Arwana Si Ikan Naga”:

  1. Memilih sesuai selera, budget, dan pengalaman pemelihara

Parameter ini sangat rasional, terutama dari sisi budget Anda bisa memilih jenis arwana sesuai dengan isi kantong. Untuk bibit Arwana jenis Pino harganya mulai Rp250.000, sedangkan untuk jenis Red berukuran 10 cm bisa mencapai Rp 2,5 juta.

  1. Memilih dari sisi ukuran

Ukuran Arwana yang disarankan dipilih antara 20—25 cm. Mengapa? Bagi pemula, ukuran Arwana ini lebih mudah dipelihara dibandingkan dengan ukuran Arwana yang lebih kecil.

  1. Memilih Tempat Membeli

Walaupun ikan Arwana bisa dibeli secara online, akan lebih baik jika langsung datang ke lokasi pembelian. Dengan demikian, Anda akan bisa melihat langsung sosok ikan Arwana yang akan dipilih.

  1. Fisik ikan

arwana-coverPastikan tidak ada sisik yang lepas atau rusak. Selain itu, kondisi ikan mesti sehat. Hindari membeli anakan ikan dengan bibir cakil. Sebab, saat ikan tumbuh dewasa, bibir yang cakil akan mengurangi keindahan fisiknya.

Selengkapnya pembahasan seputar Arwana dapat disimak dalam buku “Memelihara Arwana Si Ikan Naga” karya Sriyadi Arwana. Buku ini berisi berbagai hal mengenai ikan arwana; dari panduan memilih, persiapan pemeliharaan, hingga teknis perawatan harian. Ada juga ulasan tentang teknik tanning, yaitu cara mengoptimalkan dan menebalkan warna merah pada arwana super red.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pelatihan hidroponik