Customer Login

Lost password?

View your shopping cart

Blog

anggrek bulan agromedia

Rahasia Pemupukan Anggrek ala Ade Andriyani

Salah satu bagian penting dalam perawatan tanaman anggrek adalah pemupukan. Pada dasarnya, perlakuan pemupukan pada setiap jenis tanaman anggrek itu berbeda. Usia tanaman anggrek menjadi kunci takaran pupuk yang akan dibutuhkan. Ade Andriyani penulis buku “Membuat Tanaman Anggrek Rajin Berbunga”memberikan ulasannya soal pemupukan, khususnya tanaman anggrek.

Tanaman anggrek muda dan remaja membutuhkan pupuk yang mengandung nitrogen (N) tinggi. Kandungan pupuk nitrogen ini mendorong pembentukan sel-sel baru, khususnya untuk pertumbuhan batang dan daun. Nah, salah satu ciri tanaman anggrek yang kekurangan nitrogen adalah menampilan daun memucat dan pertumbuhannya terhambat.

Sementara itu, pupuk yang mengandung fosfor tinggi diperlukan untuk tanaman dewasa, terutama untuk memacu pembungaan. Pupuk fosfor memiliki kandungan senyawa komplek dan penyusun metabolit, yang berfungsi sebagai pengatur enzim dan proses fisiologis.

bunga-anggrek-di-kebun-okIdealnya, cara pemberian pupuk pada tanaman anggrek melalui daun. Sebab, penyerapan pupuk melalui daun ini lebih efektif daripada penyerapan melalui akar.

Menurut pengalaman Ade Andriyani, pemupukan anggrek perlu dilakukan setiap hari dengan takaran sesuai anjuran. Dengan begitu, tanaman anggrek akan selalu mendapatkan asupan nutrisi. Selain pupuk anorganik yang banyak beredar di pasaran dengan beragam merek, ada juga pupuk organik yang bisa diberikan pada anggrek, seperti sisa air cucian beras, kulit bawang merah, dan pecahan kulit telur.

Agar pertumbuhan lebih maksimal, tambahkan juga pupuk slow release, seperti Methylin urea, di dalam dan di atas media tanam. Bahan-bahan, seperti vitamin atau susu yang sudah kadaluarsa, air sisa infus, air tebu, dan madu juga bisa diberikan ke anggrek sebagai tambahan energi yang bisa membuat anggrek cepat berbunga. Caranya, larutkan bahan-bahan tersebut ke dalam air, lalu siramkan ke anggrek.

Untuk pembahasan lebih lengkap tentang cara bagaimana membuat anggrek rajin berbunga, silakan pelajari ilmunya dari dalam buku “Membuat Tanaman Anggrek Rajin Berbunga.”

Selamat mempraktikkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *