Nikmatnya Ceker Masak Pedas

ceker-pedasMasakan berbahan dasar ayam masih menjadi salah satu menu favorit keluarga. Jangankan daging, cekernya pun bisa menjadi makanan yang luar biasa nikmat untuk disantap.

Dengan beragam bumbu dan cara penyajian, ceker ayam akan menjadi suatu masakan yang lebih bervariasi. Nah, berikut adalah resep Ceker Masak Pedas yang bisa Anda buat di dapur kesayangan.

Bahan
10 pasang ceker ayam, memarkan
1,5 liter air
5 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Rebus
10 batang bonggol bawang merah (batang semu bagian bawah), memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk
5 sdm kecap manis
1 sdt minyak wijen
¼ sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
½ sdt garam

ayam-favkelBumbu lainnya
4 butir bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
10 buah cabai rawit
1 sdm biji wijen, sangrai

Cara Membuat
1.    Campurkan air dengan bumbu, masak hingga mendidih.
2.    Sementara itu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
3.    Masukkan ceker ke dalam tumisan bawang, aduk hingga ceker setengah matang. Angkat, masukkan ke dalam rebusan air. Teruskan memasak hingga ceker matang, empuk, mekar, dan bumbu meresap.
4.    Taburi dengan cabai rawit dan biji wijen. Angkat, hidangkan.

Resep ceker di atas bisa Anda temukan dalam buku Masakan Ayam Favorit Keluarga terbitan AgroMedia Pustaka. Buku yang ditulis oleh Yuni Pradata & Raninta Ika Ariestya ini 22 resep masakan ayam yang bisa Anda uji coba di rumah.

Kini, Anda tak perlu lagi pusing untuk mengombinasikan menu sehari-hari. Suguhi keluarga tercinta dengan resep ayam penyet, ayam goreng bumbu kuning, ayam taliwang, ayam goreng laos, ayam kuah pedas, ayam tulang lunak, ayam goreng madu, ayam nanking, chicken katsu, chicken yakiniku, chicken steak, hingga chicken steak mayo yang terdapat dalam buku ini.