Strategi Sukses Wira Usaha Bakso

panduan-sukses-bisnis-baksoBaso adalah salah satu makanan favorit terpopuler di Indonesia. Karenanya, sangat mudah ditemukan pedagang baso, dari desa hingga kota, mulai dari pedagang keliling, kaki lima, hingga restoran. Perputaran ekonomi bisnis baso bukan hal yang bisa dianggap remeh. Ratusan pedagang gerobak baso dalam satu kota mampu menghasilkan omzet ratusan milyaran rupiah per hari. Sebut saja, Jakarta yan memiliki tingkat kepadatan tinggi, seorang pedagang gerobak baso mampu menghasilkan omzet minimal tiga ratus ribu hingga jutaan rupiah setiap hari.

Bakso bukan lagi sekadar makanan ala kaki lima. Hingga kini, bisnis bakso telah berkembang dan beralih menjadi bisnis restoran mewah di mal. Penyajian bakso pun beraneka ragam, mulai dari bakso aneka isi, bakso ala shabu-shabu, hingga bakso aneka varian. Sistem operasionalnya pun semakin modern dan banyak dikembangkan menjadi bisnis franchise atau kemitraan. Kenyataan inilah yang menandakan bahwa bisnis bakso terus berkembang dan tidak ada matinya.

Ada beberapa alasan kemudahan dalam berbisnis bakso. Di antaranya sebagai berikut.

Pertama, pangsa pasar besar dan berkembang karena penyajian bakso dapat dilakukan sebagai makanan jajanan dan melengkapi masakan lainnya.

Kedua, mudah dilakukan, bisa dengan modal kecil, dan risiko yang kecil pula. Siapa pun hampir dapat mengelola bisnis bakso, sekalipun tanpa memiliki latar belakang pendidikan khusus.

Ketiga, makanan favorit dan populer di Indonesia, sehingga memiliki konsumen yang jelas, mulai dari kalangan menengah hingga atas, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua.

Bagaimana, Anda tertarik atau penasaran? Dapatkan penjelasannya secara lengkap di dalam buku Panduan Sukses Berbisnis Bakso terbitan AgroMedia Pustaka. Buku ini akan menyambut Anda di bagian pertama dengan penjelasan potensi bisnis bakso di Indonesia. Setelah itu, Anda akan dibimbing untuk praktik terjun ke bisnis ini.

Buku ini merupakan buku pertama yang membahas secara rinci tentang bisnis bakso kemasan, bakso gerobak, hingga bisnis bakso restoran dan tren yang sedang berkembang. Selain itu, dijelaskan strategi bisnis dan manajemen pengolahan bakso di tengah persaingan yang ketat, investasi peralatan, higiene dan sanitasi proses produksi, perhitungan harga jual, serta analisis usaha untuk memaksimalkan keuntungan.

Di dalam buku yang ditulis oleh Yuyun A. ini, diperkenalkan teknik emulsi untuk membuat adonan bakso. Teknik ini mampu menghasilkan tekstur bakso yang kenyal meski menggunakan bahan baku berlemak. Dibahas pula tip antigagal selama proses pembuatan bakso, seperti prinsip pengadukan cepat dan mempertahankan rantai dingin pada adonan, cara mengatasi penggunaan bahan kimia berbahaya, serta teknik gelling set untuk membuat bakso seafood.

Buku ini bisa dibilang buku terlengkap yang membahas proses pembuatan bakso karena sekaligus membahas resep-resep paten bakso dari berbagai jenis bahan baku, cara pengawetan produk, proses pengemasan, mesin yang diperlukan, hingga peluang potensi bisnis bakso dari skala kecil hingga skala pabrikan secara tuntas.