Teknik Praktis Agar Tabulampot Cepat Berbuah

tip-membuahkan-tabulampot

Lebatnya daun tanaman buah dalam pot (tabulampot) di halaman rumah kita tidak bisa dinikmati secara utuh jika tidak kunjung berbuah. Tentu hal ini berbalik menjadi kekecewaan. Karenanya, hobis atau pemilik tabulampot mesti mengetahui aspek pemeliharaan tabulampot. Tabulampot harus mendapatkan perhatian khusus agar dapat tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah dengan cepat. Terkadang, ada kesalahpahaman dalam memperlakukan tabulampot sehingga tidak kunjung berbuah.

Salah satunya ialah terlalu rajin memupuk tanaman dengan dosis yang tinggi, karena mengira tanaman akan tumbuh subur dan menghasilkan buah yang banyak. Ternyata hasilnya hanya tanaman yang menjulang tinggi dengan cabang yang banyak dan daun yang rimbun, tanpa menghasilkan buah. Jangankan buah, bunga pun tak kunjung terlihat muncul pada tanaman kesayangannya. Sama halnya jika tanaman diberikan pupuk kimia yang berlebih tanpa diimbangi dengan pupuk organik, tanah akan menjadi keras. Akibatnya tanaman sukar mendapatkan hara untuk pertumbuhannya.

Penyebab lainnya faktor genetik dan umur tanaman. Setiap tanaman memiliki waktu yang berbeda-beda untuk dapat berbuah. Secara umum, berdasarkan kemampuannya menghasilkan buah, tabulampot yang berasal dari bibit vegetatif dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis. Kelompok tersebut adalah tabulampot mudah, sedang, dan sukar berbuah. Tanaman yang sukar berbuah bukan berarti tidak dapat berbuah, tetapi membutuhkan waktu yang lama.

Tabulampot yang mudah berbuah dapat mulai berbuah saat tanaman berumur 6—18 bulan, di antaranya kedondong, tin, putsa, buah naga, jambu biji, jeruk nipis, dan belimbing. Sedangkan tanaman seperti srikaya, nangka mini, mangga, lengkeng, elima, melon, jambu air, sawo, dan anggur tergolong sedang dan dapat mulai berbuah saat berumur 1.5—3 tahun. Sementara itu, tabulampot sukar berbuah akan berbuah setelah berumur 3 tahun atau lebih.

Varietas yang berbeda pada jenis tanaman yang sama juga memiliki kemampuan berbeda. Beberapa varietas unggul yang baru dilepas umumnya dapat berbuah dengan mudah dan cepat. Seperti tabulampot srikaya New Varietas yang dapat berbuah ketika berumur satu tahun. Sedangkan varietas lain seperti srikaya mini, gading, dan gundul baru dapat berbuah setelah berumur 1.5—2 tahun. Hal ini terjadi pula pada tabulampot lengkeng dengan varietas yang berbeda-beda. Karenanya, jika ingin menghasilkan tabulampot yang cepat berbuah, terlebih dahulu harus memilih varietas yang tepat.

Selanjutnya, langkah apa saja tahapan detilnya yang mesti dilakukan agar tabulampot cepat berbuah seperti yang diharapkan? Buku Tip & Trik Membuahkan Tanaman Buah Dalam Pot terbitan AgroMedia Pustaka ini akan menjelaskannya kepada Anda secara mudah dan praktis. Buku ini ditulis oleh Silvia Herawati yang akan mengupas seputar pembuahan tabulampot dan berbagai tip membuahkan 17 tabulampot populer, seperti anggur, belimbing, delima, buah naga, jambu air, jambu biji, kedondong, nangka mini, srikaya, dan tin.