AQUAFEST 2020: Webinar Transformasi Akuakultur dan Manajemen Pada Tambak Udang

AQUAFEST 2020 telah melaksanakan berbagai rangkaian acara selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 26 September – 18 Oktober 2020. Webinar merupakan salah satu rangkaian Aquafest yang diadakan secara daring yang terbagi ke dalam tiga sesi. Webinar #1 telah dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 dengan tema “Transformasi Akuakultur di Era Disruptif”, Webinar #2 pada tanggal 11 Oktober 2020 dengan tema “Manajemen Kesehatan Pada Tambak Udang” dan Webinar #3 pada tanggal 18 Oktober 2020 dengan tema “Manajemen Kualitas Air Pada Tambak Udang”.

 

Webinar #1 menghadirkan narasumber yang sangat berpengalaman di bidang akuakultur diantaranya ialah Dr. Ir. Slamet Sebjakto M.Si. selaku Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Prof. Dr. Ir. Widanarni, M.Si. selaku guru besar departemen Budidaya FPIK IPB, dan Aryo Wiryawan selaku Co-Founder JALA. Materi yang dibahas menghasilkan kesimpulan bahwa dalam situasi saat ini perikanan budidaya harus terus mencari peluang, menghadapi tantangan dan merencanakan strategi pembangunan untuk keberlanjutan perikanan budidaya. Hal tersebut dengan didukung dari penerapan budidaya berbasis mikroba dan pengembangan teknologi melalui inovasi.

Webinar #2 menghadirkan tiga narasumber dari latar belakang yang berbeda diantaranya ialah Ir. Hardi Pitoyo sebagai Pengusaha di Bidang Akuakultur, Dr. Ir. Heny Budi Utari, M.Sc. sebagai Ahli di Animal Health Service, dan Prof. Dr. Ir. Sukenda, M.Sc sebagai Guru besar atau Akademisi Kampus IPB. Hasil pembahasan pada tiap materi yang disampaikan bahwa faktor utama dalam manajemen kesehatan tambak ialah penerapan standar CBIB dan biosekuriti. Selain itu penggunaan benur SPF/SPR dan pengelolaan air untuk mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri maupun jamur. Tujuan dari biosekuriti salah satunya ialah meminimalisir penyebaran penyakit dan meningkatkan status kesehatan udang.

 

Webinar ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di akun Youtube Aquafest IPB. Peserta yang hadir dalam Webinar ini datang dari berbagai bidang dan daerah di Indonesia. Mulai dari dosen dan tenaga pendidikan, pembudidaya ikan dan udang, praktisi akuakultur, mahasiswa, dan masyarakat umum. Total peserta dari keseluruhan sesi Webinar tercatat sebanyak 1395 orang yang tergabung dalam room zoom dan live streaming youtube.

 

 

Baca Juga:

Talkshow AQUAFEST 2020: Bisnis Budidaya Ikan dan Akuakultur di Era Digitilasisasi

328 Peserta Lomba Ikuti Event AQUAFEST 2020

 

Tinggalkan Balasan