Budi Daya Gurami Secara Efisien dan Menguntungkan

kiat-sukses-gurami

kiat-sukses-guramiGurami merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar favorit yang banyak digemari oleh sebagian masyarakat. Rasanya yang lezat dengan daging yang tebal dan gurih membuat ikan ini menjadi hidangan favorit di berbagai restoran dan rumah makan. Selain itu, banyak pula ibu rumah tangga yang menjadikan hasil olahan gurami sebagai menu favorit keluarga.

Saat ini, harga gurami di pasaran cukup mahal. Tingginya harga gurami ini disebabkan pasokannya masih terbatas jika dibandingkan dengan permintaannya. Namun, penyebab utamanya adalah periode pertumbuhan ikan ini cukup lama. Jika dipelihara secara konvensional, gurami membutuhkan waktu 1.5 hingga 2 tahun untuk mencapai ukuran konsumsi. Namun, saat ini waktu pemeliharaannya dapat dipersingkat dengan menggunakan teknik budi daya di kolam terpal.

Buku “Kiat Sukses Budi Daya Gurami di Kolam Terpal” terbitan AgroMedia Pustaka ini membahas mengenai budi daya gurami menggunakan kolam terpal, mulai tahap pemijahan hingga pembesaran. Keunggulan utamanya terdapat pada biaya investasi yang Iebih rendah dibandingkan dengan biaya investasi pembuatan kolam permanen seperti kolam tembok.

Selain itu, pembuatan kolam terpal nyatanya Iebih adaptif. Pasalnya, jenis kolam ini dapat dibuat di daerah yang sulit mendapatkan air. Penggunaan kolam terpal juga dapat meningkatkan padat tebar di kolam dan menjaga suhu air di dalam kolam senantiasa stabil. Suhu air kolam yang stabil sangat penting untuk menurunkan tingkat kematian bibit dan mengoptimalkan pertambahan bobot ikan.

Tidak hanya itu, di dalam buku karya Wagiran dan Bagus Harianto ini juga dibahas perlakuan khusus saat budi daya gurami di kolam terpal, yakni penyifonan dan pemberian probiotik. Penyifonan berguna untuk mengeluarkan kotoran yang dikeluarkan ikan atau sisa pakan sehingga kondisi air kolam selalu bersih. Sementara itu, pemberian probiotik berfungsi menjaga kondisi air agar ideal bagi pertumbuhan gurami dan meningkatkan kemampuan gurami menyerap nutrisi dari pakan.

Singkatnya, budi daya gurami di kolam terpal dengan teknik aplikatif yang dijelaskan di buku ini dapat menekan tingkat kematian sejak larva hingga pembesaran. Selain itu, waktu budi daya menjadi Iebih cepat hingga lima bulan dibandingkan dengan sistem budi daya konvensional. Kelebihan tersebut berpengaruh positif terhadap peningkatan keuntungan yang diperoleh.

Alhasil, buku ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang akan memulai budi daya gurami maupun mereka yang ingin meningkatkan hasil dari budi daya gurami yang telah dilakukannya. Melalui analisis usaha atau simulasi anggaran yang kami sajikan, Anda bisa membuat sekala usaha budi daya gurami sesuai kecukupan modal yang dimiliki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.