Budi Daya Kentang di Lahan Dataran Rendah

Kentang atau kumeli merupakan tanaman sayuran yang sangat penting bagi petani dataran tinggi atau daerah pegunungan. Selain mendatangkan penghasilan yang lebih baik dari jenis sayuran lain, hasil panen kentang bisa disimpan lebih lama hingga harga jualnya meningkat.

Namun, apakah hanya petani di dataran tinggi saja yang bisa menanam kentang? Tidak juga. Kentang pun bisa dikembangkan di dataran rendah. Yang termasuk lahan dataran rendah adalah hamparan lahan yang elevensinya kurang dari 700 m dpl.

Sebenarnya, kentang termasuk jenis tanaman subtropik yang hanya dapat dibudidayakan di dataran tinggi, yakni di atas 100 m dpl dengan suhu 18–220 C. Namun, lahan dataran tinggi sangat terbatas, sehingga areal pengembangan agribisnis kentang seolah-olah menetap dan periode rotasi tanaman menjadi sangat pendek. Hal ini mengakibatkan terjadinya penumpukan hama penyakit yang sulit diatasi.

Dengan alasan itu, timbul gagasan untuk mengembangkan luas areal pertanaman ke dataran rendah yang memenuhi persyaratan tumbuh tanaman kentang. Dari beberapa tahun percobaan di berbagai lokasi dataran rendah, ternyata kentang mampu berumbi normal. Varietas kentang yang toleran terhadap suhu panas dan dapat dikembangkan di dataran rendah adalah cipanas, DTO-28, LT-1, cosima, dan DTO-33.

Lahan dataran rendah tersebut harus memenuhi beberapa syarat agar bisa ditanami kentang. Syaratnya adalah:

  • Jenis tanah latosol atau alluvial
  • Suhu malam hari 20-27oC
  • Terdapat angin sepoi-sepoi yang menjadikan lingkungan menjadi dingin dan sejuk
  • Tersedia air pengairan yang cukup, tetapi tidak kebanjiran
  • Bukan bekas tanaman Solanaceae atau tanaman pisang

Budi daya kentang di lahan dataran rendah ini ditulis Drs. H. Hendro Sunarjono dalam buku Petunjuk Praktis Budi Daya Kentang yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka. Melalui buku tersebut, Hendro juga membahas berbagai hal yang berkaitan dengan budi daya kentang ini. Mulai dari teknik perbanyakan bibit, perbaikan varietas, teknik bertanam kentang, pengendalian hama dan penyakit, pemanenan, serta analisis usaha tani kentang.

2 thoughts on “Budi Daya Kentang di Lahan Dataran Rendah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.