Cara Cepat Beternak Bebek

pembesaranbebek2bulanpanen

pembesaranbebek2bulanpanenTeknik yang tepat bisa memungkinkan Anda beternak bebek secara cepat dan singkat. Terutama dalam skala usaha pembesaran bebek yang dimulai dari DOD. Hanya dalam waktu 2 bulan (60 hari) Anda sudah bisa memanen bebek sehingga bisa memetik hasil dan keuntungannya. Dengan demikian, perputaran usaha akan cepat berkembang hingga 6 kali panen dalam 1 tahun.

Pasar bebek semakin hari semakin berkembang. Permintaan masyarakat terhadap bebek semakin meningkat seiring meningkatnya selera masyarakat terhadap menu bebek. Karenanya, peluang usaha beternak bebek sangat terbuka lebar, baik untuk permintaan konsumsi masyarakat umum maupun rumah makan.

Pemeliharaan bebek cenderung lebih mudah dibandingkan memelihara ayam. Di antaranya mengenai pengaturan dan kebutuhan pakan. Bebek memiliki keunggulan mampu mengonversi bahan pakan rendah nutrisi menjadi produk yang cukup baik, apalagi jika diberi bahan pakan berkualitas. Berbeda dengan ternak ayam yang membutuhkan bahan pakan yang berkualitas baik untuk memberikan hasil yang baik. Dan, jika pakannya jelek, hasil produksinya juga akan jelek.

Sebagai perbandingan, kebutuhan protein kasar pakan bebek adalah 15—18%, sedangkan ayam ras petelur membutuhkan protein kasar minimun 18%. Selain itu, bebek sangat toleran terhadap serat tinggi, sebaliknya ayam tidak toleran terhadap serat yang tinggi.

Bahan pakan bebek dapat diperoleh di sekitar lokasi pemeliharaan. Jenis-jenis bahan pakan yang biasa diberikan peternak adalah nasi aking, ikan runcah, eceng gondok, bekatul, kangkung, dan keong kecil. Kombinasi pakan dapat disesuaikan dengan kemudahan dalam memperoleh jenis-jenis pakan tersebut, misalnya ikan runcah karena dekat dengan laut. Hal ini sangat penting untuk menekan biaya pakan. Pasalnya, hampir 70% dari total biaya produksi usaha peternakan bersumber dari pakan.

Anda bisa memulai usaha peternakan bebek dengan memilih skala sesuai kemampuan, baik skala kecil, menengah, maupun skala besar. Kemudian menentukan lokasi usaha yang cocok untuk menunjang keberhasilan beternak bebek, misalnya dekat dengan sumber air, mudah diakses transportasi, ketersediaan listrik, jauh dari pemukiman padat, dan kemudahan memperoleh sumber daya usaha.

Buku Pembesaran Bebek 2 Bulan Panen ini akan memandu Anda secara mudah dan praktis untuk membangun usaha peternakan bebek dengan teknik percepatan panen hanya dalam waktu 2 bulan. Mito dan Johan, ST menyusun buku ini secara sistematis sehingga Anda bisa mendapatkan berbagai pengetahuan yang dibutuhakan dalam beternak bebek.

Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini dibahas mulai dari prospek usaha beternak bebek, fungsi keberadaan KTTI, perencanaan usaha dalam menentukan skala, lokasi, dan manajemen usaha, pengenalan bebek seputar klasifikasi, ciri, perbedaan, dan jenis-jenis bebek unggul, membeli bibit bebek, membangun kandang, manajemen pemeliharaan dan pemberian pakan, pencegahan dan pengobatan hama dan penyakit, hingga manajemen panen dan pascapanen.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.