Cara Mudah Mahir Membuat Cupcake dan Minicake Cantik

3-jam-mahir-cup-cake

3-jam-mahir-cup-cakePenyajian cake secara personal saat ini sudah sangat populer. Siapa yang tak kenal dengan cupcake atau minicake. Selain penampilannya yang unik dan menarik, penyajian keduanya menjadi lebih praktis dan mudah. Berapa pun jumlahnya, sedikit atau banyak, keduanya tetap dapat tampil menarik.


Kelebihan lain dari kedua jenis cake ini terletak pada keunikan bentuknya yang mungil dan simpel, tetapi tetap dapat dihias dengan berbagai bentuk hiasan. Kedua jenis cake ini juga dapat disajikan dalam wadah apa pun, bisa di keranjang atau piring bertingkat (tiers), serta dapat disajikan di mana pun. Semuanya pasti memukau.

Cupcake dan minicake merupakan cake berukuran kecil. Cupcake berada dalam cup atau mangkuk kertas, sedangkan minicake berasal dari cake besar yang dipotong kecil atau langsung dicetak dalam loyang berukuran kecil.

Dari segi tingkat kesulitan menghiasnya, pembuatan minicake sedikit membutuhkan penanganan yang agak lama karena tidak sekadar menghias permukaan bagian atas, tetapi bagian sampingnya juga. Namun, hal ini sepadan dengan tampilannya yang bisa menjadi lebih istimewa. Bukan berarti pula menjadikan cupcake kurang istimewa. Antaran satu set cupcake dijamin akan memukau kerabat atau relasi Anda.

Cupcake merupakan cake yang disajikan dalam mangkuk kertas. Agar bisa tampil lebih menarik, berilah hiasan di bagian atasnya menggunakan semprotan krim, cokelat, atau taburan gula warna-warni. Saat ini, deretan cupcake dapat menggantikan cake ulang tahun yang biasanya berukuran besar. Rangkaian cupcake yang disusun sedemikian rupa akan membentuk “gunungan” kue yang menawan. Istimewanya lagi, cupcake selain tampil personal, juga tidak perlu dipotong-potong lagi saat disajikan. Cupcake dapat langsung dikonsumsi atau dikemas satuan sebagai goody bag atau sebagai hantaran.

Adapun minicake merupakan cake yang berukuran kecil dan diberi hiasan agar tampilannya lebih menarik. Proses menghiasnya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan menghias cupcake. Hal ini disebabkan harus menghias seluruh bagian permukaan cake. Namun, jangan salah, penampilannya sungguh sangat istimewa. Tak ubahnya cake ulang tahun berukuran besar.

Minicake biasa disajikan sebagai hantaran atau pengisi goody bag pada suatu acara dengan tema tertentu yang lebih bersifat personal. Selain disajikan dalam ukuran kecil (berukuran 10–15 cm), minicake juga dapat dibentuk atau di-carving menyerupai benda berukuran tiga dimensi (3D) yang menarik. Misalnya, dibentuk menjadi mini bag, handphone, ataupun sepatu. Biasanya minicake dihias dengan butter cream, cokelat, fondant (plastik icing), atau edible image.

Anda tertarik untuk berkreasi membuat cake mungil ini? Jangan khawatir, dalam buku “3 Jam Mahir Membuat dan Menghias Cupcake & Minicake” karya Peni Respati ini akan dijelaskan cara membuat dan menghias cupcake serta minicake dengan butter cream, fondant, royal icing, edible image, cokelat bentukan, cookies, atau candy.

Penyajian cake telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat kita. Ternyata sentuhan seni dan kreativitas mampu menggali lebih dalam keunikannya sehingga semakin membuat buku terbitan AgroMedia Pustaka ini mempunyai nilai lebih. Segera, temukan sesuatu yang berbeda pada penyajian cupcake dan minicake di dalam buku ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.