Cara Mudah Membuat MOL Nasi

Intro-MOL-nasi

Intro-MOL-nasiSebagai bagian dari sistem pertanian organik, pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) tidaklah sulit. Anda dapat mencobanya dengan biaya murah, bahkan tanpa biaya sekalipun. Yang penting untuk membuat MOL, cukup terpenuhi unsur karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme.

Pembuatan MOL bisa dari bahan sampah dapur yang mudah membusuk atau sayuran hijau yang sudah basi.

Header-MOL-Nasi

Sebagai bagian dari sistem pertanian organik, pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) tidaklah sulit. Anda dapat mencobanya dengan biaya murah, bahkan tanpa biaya sekalipun. Yang penting untuk membuat MOL, cukup terpenuhi unsur karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme.

Pembuatan MOL bisa dari bahan sampah dapur yang mudah membusuk atau sayuran hijau yang sudah basi. Selain itu, bisa juga dari keong sawah yang ditumbuk, buah-buahan yang busuk. Yang penting tinggal pilih, bahan apa yang paling mudah didapat di sekitar kita. Setelah menemukan bahan yang dipilih, kemudian masukkan ke dalam wadah seperti ember atau drum plastik, dicampur gula dan air hingga bahan tenggelam. Setelah 4 atau 5 hari, MOL ini sudah bisa dipakai.

Diantara pembuatan MOL yang mudah dilakukan adalah dengan bahan dari nasi yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya. MOL ini berfungsi sebagai mikroorganisme pengurai dan penyubur tanaman.

Daripada sisa nasi dibuang dan menjadi sampah, lebih baik dimanfaatkan menjadi MOL. Berikut langkah-langkah untuk membuatnya:

Bahan:

  • 10 kepal nasi yang sudah basi
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 2 liter air kelapa
  • 10 gram terasi
  • Ember atau kaleng sebagai wadah
  • Kain kasa untuk menyaring

Selanjutnya:

  • Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam wadah, kemudian tambahkan 4 liter air.
  • Biarkan wadah terbuka selama proses fermentasi yang memakan waktu 3 sampai 5 hari.
  • Jika sudah tercium bau asam seperti tape, berarti proses fermentasi sudah berhasil dan MOL nasi siap digunakan.
  • Pindahkan cairan MOL ke dalam botol air mineral dengan kain kasa untuk memudahkan penyimpanan maupun penggunaan pada tanaman. Pastikan ujung botol diberi lubang kecil agar oksigen tetap masuk.

MOL nasi ini bisa langsung disemprotkan ke tanaman. Sebaiknya jangan terkena batang dan daun.


molTemukan aneka jenis Mikroorganisme Lokal (MOL) beserta cara pembuatan Kompos di buku “Membuat MOL dan Kompos dari Sampah Rumah Tangga” yang ditulis oleh Mulyono. Di sini penulis memaparkan apa itu sampah organik, sampah anorganik,  peran mikroorganisme lokal yang menguntungkan, sampai peluang usaha pembuatan MOL, kompos, dan pupuk cair organik.

 

beli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.