Drs. Ruslan Roy, MM.

Lahir di Jakarta pada tanggal 24 April 1962. Setelah tamat SMA, penulis sudah mulai mengamati perilaku belut di kampung halamannya di Bogor dan sekitarnya. Pada awalnya hanya iseng dan coba-coba membuat kolam belut dengan menggunakan drum/tong, serta kolam tembok. Namun, karena kesibukan kuliahnya yang begitu padat dan memakan banyak waktu, akhirnya penulis tidak bisa melanjutkan kegiatan tersebut. Saat itu, penulis juga bekerja sebagai Konsultan Financial. Pembudidayaan belut menjadi tertunda dan tidak tertangani dengan baik.

Memasuki awal tahun 1987, setelah menyelesaikan kuliah pascasarjana dan meraih gelar master, penulis mulai aktif membudidayakan kembali belut. Saat ini penulis bekerja sebagai Pimpinan PT Daya Petani Indonesia (DAPETIN) yang membina para petani belut dengan Pola Kemitraan Budi Daya Belut Terpadu dan Berkesinambungan, yang meliputi sejumlah binaan di daerah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Selain itu, penulis juga memberikan talk show mengenai agribisnis prospek budi daya belut di TVRI, dan telah mendapatkan penghargaan dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada Ajang Apresiasi bagi Enterpreneur UKM dalam acara The Indonesian Small & Medium Business Enterpreneur Award (ISMBEA) 2006, serta penghargaan Profesi Award 2006 dari Citra Profesi Indonesia, DKI Jakarta.


Buku yang diterbitkan Agromedia Pustaka:
– Petunjuk Praktis Beternak Belut

Alamat Penulis:
1i. Bojong Utama III No.4 R1004/016 Blok E.34 Perumahan Taman Narogong Indah Bekasi Timur Telp. (021) 798 162 Hp.0815 8634 2762

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.