Ingin Memelihara Ikan Koi si Pembawa Hoki? Ini Caranya

Ikan koi tidak hanya dipercaya sebagai ikan pembawa keberuntungan. Banyak simbol yang melekat pada ikan koi, seperti prestis, kemakmuran, panjang umur, ketekunan, dan keberuntungan. Dalam mitologi China, ikan koi diakui para dewa karena kegigihannya berhasil menerjang air terjun di taman para dewa. Para pengagum Feng Shui mempercayai sebagai pembawa keberuntungan dan citra positif. Koi juga merupakan ikan yang melegenda dan bagian dari budaya Jepang sehingga diakui sebagai representasi identitas nasional.

Pilihan hobi memelihara ikan jenis koi, dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan. Ada juga karena alasan memberi ketentraman hati dan mengusir rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Alasan-alasan inilah yang membuat koi sejak dulu hingga kini dipilih dan dipelihara sebagai hobi dan tujuan bisnis.

Menyimak pengetahuan seputar koi lebih dalam akan membuat pembaca ingin segera memelihara ikan pembawa keberuntungan. Namun, sebelum mulai memelihara, tentu Agromate harus memilih dan memiliki koi terlebih dahulu. Ada beberapa cara memilih jenis koi yang disesuaikan dengan beberapa bagian postur yang simetris, seperti posisi sirip, bentuk punggung, mulut, sirip, dan ekor.

Simak dulu cara memilih ikan koi bagi hobiis pemula.

cara memelihara ikan koi

Ikan Koi | Foto: shutterstock.com

 

Memilih Ikan Koi untuk Pemula

kolam ikan koi

Satu contoh kolam ikan koi, disesuaikan dengan luas lahan dan jumlah ikan koi yang dipelihara. | Foto: shutterstock.com

Walaupun ada banyak jenis ikan koi, hobiis pemula tidak perlu bingung dalam memilih. Agromate boleh memilih sesuai suasana hati atau selera berdasarkan pola warna dan tentu saja bujetnya.

Setidaknya ada enam hal yang perlu kamu cermati dalam memilih ikan koi, terutama bagi pemula yang ingin mulai belajar memelihara. Tip ini diambil dari buku “Mengenal dan Memelihara 15 Koi Yang Paling Diminati.” Berikut tipnya.

  1. Seperti halnya ingin memiliki mobil. Hal pertama yang perlu disiapkan adalah membuat garasi mobil di rumah. Begitu pula dengan ikan koi. Pastikan tempat atau kolam koi disiapkan terlebih dahulu. Besar kecilnya kolam nantinya akan menentukan jumlah ikan koi dalam kolam.
  2. Khusus untuk pemula, mulailah menentukan tujuan memelihara koi sebagai hiburan atau hiasan. Seiring waktu belajar dan bertambahnya wawasan, tentu Agromate ingin meng-upgrade diri ke jalur kontes koi.
  3. Bergabunglah dalam komunitas penghobi ikan koi dan aktif kopi darat untuk menambah wawasan. Banyak pengalaman para senior yang bisa kamu petik dan aplikasikan pada jika kamu memilih jalur koi untuk lomba dan kontes.
  4. Tidak ada batasan untuk pemula dalam memilih ikan koi. Berangkat dari selera, seperti kesukaan pada pola dan warna yang ada di tubuh koi bisa menjadi acuan awal.
  5. Sesuaikan bujet sebelum memilih ikan koi. Agar yakin ikan koi yang kamu beli tidak kemahalan, bandingkan harga di beberapa penjual ikan koi.
  6. Sekali lagi pastikan, setelah kolam dengan segala persiapannya, seperti kondisi air, filter, dan berbagai perlengkapan lainnya, sudah oke. Ikan koi bisa kamu masukkan ke dalam kolam.

Sebelum memelihara koi perlu bekal wawasan yang luas seputar ikan pembawa keberuntungan ini.

15 Koi Paling DiminatiLebih lengkap seputar cara memilih, memelihara, ikan koi untuk pemula bisa kamu temukan dalam buku “Mengenal dan Memelihara 15 Koi yang Paling Diminati”. Buku ini merupakan rujukan yang tepat bagi para pemula yang ingin memulai hobi memelihara ikan pembawa hoki ini. Kamu akan bisa menemukan ukuran kolam sesuai jumlah ikan dan cara membuatan kolam.

Dalam buku yang disusun oleh Asosiasi Pecinta Koi Indondia (APKI) – Sugiarto Budiono, juga diulas cara menangani kendala-kendala dalam pemeliharaan ikan koi.

Selamat menikmati keindahan ikan koi. Semoga bahagia dan bertambah hoki.

 

 

 

 

 

Foto: shutterstock.com

 

Tinggalkan Balasan