Keunggulan Patin Super

Ikan patin atau lele bangkok merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer di kalangan penggemar menu masakan ikan air tawar. Selain memiliki cita rasa yang tinggi, ikan ini mampu bertahan hidup di perairan yang jelek dan teknologi budi dayanya gampang dikuasai.

Umumnya, produksi patin di Indonesia didominasi jenis patin siam (Pangasius hyphopthalmus atau P. sutchi). Jenis patin ini sangat populer dan mudah memasyarakat karena gampang dikembangbiakkan dan mampu menghasilkan telur atau benih dalam jumlah relatif banyak setiap kali dipijahkan.

Sayangnya, patin siam kurang laku di pasar ekspor lantaran dagingnya berwarna kekuningan atau kemerahan. Namun, pembudidaya patin di Indonesia tidak kehilangan akal. Setelah melakukan serangkaian penelitian, muncullah beberapa jenis patin baru seperti patin jambal dan “Patin Pasupati” atau Patin Super Haparan Pertiwi.

Dalam perkembangannya, masyarakat menyebut patin jambal dan patin pasupati sebagai patin super. Kedua patin super ini merupakan jenis patin lokal asli Indonesia yang memiliki warna daging putih.

Bukan rahasia lagi jika patin dengan daging berwarna putih adalah jenis patin yang diminati pasar ekspor seperti Amerika dan Eropa. Sehingga, kedua patin lokal ini merupakan kandidat favorit untuk menyuplai kebutuhan pasar ekspor.

Selain daging yang putih, patin super memiliki rasa daging yang khas. Para penggemar ikan patin menyatakan, dibandingkan beberapa jenis ikan air tawar lainnya, ikan ini tergolong memiliki rasa daging yang paling enak, lezat, dan gurih. Keunggulan lainnya adalah kandungan protein yang relatif tinggi, memiliki kadar lemak yang rendah, laju pertumbuhannya cepat, dan jumlah telurnya banyak.

Berbagai keunggulan patin super ini terangkum dalam buku Budi Daya Patin Super karya Khairuman, SP yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka.

Dalam buku ini, Khairuman menjelaskan tentang peluang bisnis patin super, teknik pembenihan, pendederan, pembesara, cara memelihara di berbagai media pemeliharaan, dan teknik menyiapkan calon induk patin super. Buku ini sangat tepat bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh mengenai patin super ataupun membuka bisnis patin super.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.