Memaksimalkan Penampilan Daun Aglaonema

Siapapun pasti setuju bahwa keindahan aglaonema terletak pada daunnya. Namun, sedikit saja kita lengah dalam memperlakukannya, jangan harap daun aglaonema bisa tumbuh dengan cerah dan memukau.

Ya, aglaonema memang termasuk tanaman hias yang ‘manja’. Perlakuan secara intensif sangat dianjurkan bagi Anda yang memilikinya. Sebenarnya, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencerahkan daun aglaonema. Salah satunya adalah pemilihan media tanam dan pupuk yang tepat.

Ada dua jenis media tanam yang bisa digunakan aglaonema, media yang bersifat keras dan media yang bersifat lembek atau lunak. Media tanam keras menghasilkan porousitas. Sedangkan media tanam lunak menyediakan makanan bagi aglaonema dan bersahabat bagi pertumbuhan akar.

Media tanam seperti cacahan batang pakis, arang sekam, dan pasir malang memang cukup ideal bagi aglaonema. Sebab, hampir seluruh kebutuhan tanaman yang diperoleh melalui akar sudah tercukupi. Namun, ada baiknya pula media tanam ini juga ditambah dengan humus atau kompos agar nutrisi di dalam media lebih melimpah.

Untuk komposisi media tanam, tiap pakar memiliki penghitungannya sendiri. Yang terpenting, hasilnya haruslah porous dan dapat menyediakan unsur hara yang cukup bagi tanaman.

Berkaitan dengan hal di atas, ketersediaan unsur hara bisa kita peroleh melalui pupuk. Kebutuhan akan unsur hara ini pun berbeda-beda. Pada fase vegetatif, unsur hara makro yang dominan adalah nitrogen (N). Sedangkan pada fase generatif, unsur hara yang dominan dibutuhkan adalah fosfor dan kalium.

Salah satu cara untuk meningkatkan warna aglaonema adalah dengan memberikan pupuk K tinggi yang ditambah dengan unsur hara mikro lainnya. Pada dasarnya, tidak ada patokan khusus mengenai jenis pupuk yang digunakan pada aglaonema. Asalkan NPK-nya seimbang.

Nah, referensi lebih dalam mengenai faktor-faktor mencerahkan daun aglaonema ini bisa Anda temukan dalam buku Mencerahkan Daun Aglaonema yang ditulis oleh Redaksi AgroMedia Pustaka.

Buku ini tidak hanya berisi tentang kiat dan tip mencerahkan aglaonema saja. Melainkan pula dilengkapi dengan silangan-silangan terbaru dan tata cara perawatan yang tepat untuk Sang Ratu Daun. Tak perlu ragu untuk segera memiliki buku ini, karena informasi yang terdapat di dalamnya didapatkan langsung dari para pakar atau hobiis aglaonema, di antaranya Greg Hambali, Songgi Tjahaya, Tirto Gunawan ‘Wiwi’ dan lainnya.

One thought on “Memaksimalkan Penampilan Daun Aglaonema

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.