Mencerdaskan Wawasan Sekolah di Usia Dini

Sebelum memasuki sekolah, anak pun bisa diajari bagaimana membaca, menulis, menghitung, dan mewarnai. Anak akan memiliki pengetahuan yang dibutuhkannya ketika masuk sekolah sehingga akan lebih memudahkannya beradaptasi serta menguasai pelajaran yang akan diberikan.

Paling tidak, anak akan memiliki bekal wawasan ketika menghadapi lingkungan sekolah dan materi pelajaran sekolah sehingga ia tidak akan kaget. Sebab, ia telah terlebih dahulu mengenal dan mempelajari lingkungan sekolah dan dasar-dasar pelajaran sekolah dari orangtuanya di rumah.

Di antara materi pengenalan dan pengajaran yang bisa diberikan orangtua kepada anaknya pada usia prasekolah ialah pengenalan huruf, nama benda dan pekerjaan, cara menulis kalimat tertentu, menghitung, dan mewarnai objek tertentu. Disarankan, materi pengajaran disesuaikan dengan kondisi yang akan dihadapinya di sekolah, baik pengenalan huruf, kalimat, dan objek pewarnaan.

Bahkan, bisa juga diberi sedikit kalimat bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Keuntungannya, anak akan menyerap secara spontan melalui otaknya yang masih kosong tentang nama atau pekerjaan tertentu dalam bahasa asingnya. Justru di sinilah kesempatan emas untuk mengajarkan secara sekaligus. Sebab, pada kondisi ini, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris masih sama-sama asing baginya.  

“Buku Aktivitas Anak Cerdas” yang disusun oleh Tim Orange Picture ini bisa menjadi bahan pengajaran yang tepat bagi anak, baik prasekolah maupun di bangku sekolah. Buku ini telah disusun sedemikian rupa berdasarkan kesesuaian materi dengan kemampuan anak di usianya.

Konsep materi buku ini terdiri dari pengenalan aktivitas, lingkungan, nama benda dan bentuknya, nama pekerjaan, menghitung benda, dan mewarnai objek benda. Misalnya,  si anak diperintah untuk mengenal perbuatan tertentu di sekolah melalui gambar dan kata yang terdapat di bawahnya, menentukan jumlah tertentu yang terdapat pada gambar dan kata di bawahnya dengan memberikan tanda atau angka.

Buku ini sangat mudah diajarkan kepada anak. Orangtua atau guru tidak akan repot mengajarkan anaknya atau anak didiknya melalui materi dan konsep pengajaran dalam buku ini.  Si anak akan mencernanya dengan penuh gembira, sebab ilustrasi atau gambar yang terdapat di dalamnya sangat hidup dan disukai oleh anak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.