Mencetak Anak Cerdas dan Sehat dengan Terapi Jus

jus-kecerdsan-anak

jus-kecerdsan-anakGizi dalam makanan yang dikonsumsi anak, terutama karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi yang dibutuhkan untuk semua aktivitas anak. Setiap 1 gram karbohidrat menghasilkan energi sebesar 4 kalori, 1 gram protein menghasilkan 4 kalori, dan 1 gram , lemak, dan 1 gram lemak menghasilkan 9 kalori.


Pemenuhan kebutuhan energi dianjurkan 60-70% berasal dari karbohidrat dan 15—20% berasal dari lemak. Kebutuhan energi bayi dan anak relatif besar bila dibandingkan dengan orang dewasa karena pertumbuhannya yang pesat. Kebutuhan energi anak dalam sehari pada tahun pertama adalah 100—120 kcal/kg BB (kcal=kilo kalori, BB=berat badan). Setiap 3 tahun pertambahan umur, kebutuhan energi turun 10 kcal/kg BB. Namun, pada usia remaja, pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya sangat cepat sehingga membutuhkan masukan energi yang tinggi.

Zat-zat makanan tersebut banyak didapati dalam buah-buahan dan sayuran. Namun, sebagian besar anak malas mengunyah atau malas makan buah karena terburu-buru mau bermain atau mengerjakan sesuatu. Umumnya mereka juga mengunyah makanan secara kasar. Keadaan ini sangat memberatkan kerja lambung untuk mencerna makanan sehingga penyerapan nutrisi menjadi tidak normal.

Akan tetapi, buah dan sayuran yang dibuat jus akan memudahkan orangtua maupun anak dalam mengonsumsi sumber vitamin dan mineral. Selain mudah diserap, dinding selulosa jus buah dan sayuran akan membuka sehingga lebih mudah dicerna lambung. Rasanya pun enak dan segar sehingga anak-anak pasti menyukainya.

Manfaat buah dan sayuran juga bisa menstimulasi otak. Konsumsi teratur dapat membuat otak dalam bekerja, baik mengingat maupun mencerna. Otak akan bekerja dengan baik jika oksigen dan zat makanan yang dibutuhkan terus tercukupi.

Selain itu, jus buah dan sayuran juga bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Sel-sel pada tubuh anak-anak akan bertambah banyak dan besar jika kebutuhan vitamin dan mineralnya tercukupi. Lebih dari itu, juga berperan sebagai sumber energi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit, mengobati penyakit, dan memulihkan kesehatan dalam proses penyembuhan.

Buku “Jus untuk Kecerdasan, Kesehatan, & Daya Tahan Tubuh Anak” karya dr. Prapti Utami ini memberikan petunjuk yang lebih lengkap, terperinci, dan mudah dipahami tentang kebutuhan anak dalam menunjang pertumbuhan kecerdasan, kesehatan, dan daya tahan tubuh anak.

Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini berisi pembahasan kebutuhan gizi anak, kandungan gizi dalam buah dan sayuran, aneka jus buah dan sayuran untuk terapi pertumbuhan, kesehatan, daya tahan, dan kecerdasan anak.

Selamat menerapkan pola hidup sehat bagai keluarga!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.