Menentukan Standar Kualitas Tanaman

Lingkungan sekitar kita, tentu akan terasa lebih sejuk dan asri ketika dihiasi dengan berbagai jenis tanaman. Terbayang kan, jika di rumah atau di jalan raya tidak terdapat tanaman? Pastinya kita akan merasakan gersang dan panas.

Saat ini, banyak orang yang mulai membudidayakan berbagai jenis tanaman, baik tanaman hias, tanaman buah, maupun tanaman obat-obatan. Bahkan, tak jarang dari mereka yang sekaligus berperan sebagai pedagang tanaman.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan saat kita akan terjun dalam bisnis tanaman ini. Salah satunya adalah menentukan standar kualitas tanaman yang dijual. Hal ini sangat penting untuk dilakukan para pedagang tanaman. Karena, tanpa standar kualitas, tanaman dapat terjual dengan ukuran yang sangat beragam, tetapi dengan harga yang sama. Kondisi ini tentunya dapat merugikan pedagang yang bersangkutan.

Tidak hanya pedagang saja yang rugi karena tidak adanya standar kualitas. Melainkan pula calon konsumen yang hendak membeli tanaman tersebut. Bagaimanapun, pembeli tanaman pada umumnya berasal dari golongan ekonomi menengah atas. Pada level ini, konsumen sudah peka terhadap kualitas barang dan kualitas pelayanan. Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan kerugian yang lebih besar; dan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen, penetapan standar tanaman yang dijual mutlak dilakukan.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat dijadikan acuan penetapan standar kualitas tanaman yang dijual (dengan contoh kasus tanaman mangga):

  • Keseragaman wadah media tanam yang dipakai.
  • Keseragaman media tanam yang dipakai.
  • Keseragaman harga disesuaikan dengan ukuran tinggi tanaman.
  • Keseragaman harga disesuaikan dengan kualitas sosoknya.
  • Keseragaman tempat display penjualan tanaman.
  • Keseragaman layak display.

Menentukan standar kualitas tanaman hanyalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis tanaman. Masih banyak hal lainnya, seperti menentukan jenis tanaman yang akan dijual, tata cara memproduksi tanaman sendiri, tip & trik membeli tanaman dari pemasok, dan tata cara mengontrol kualitas tanaman.

Semua hal itu terangkum dalam buku Peluang Bisnis Tanaman karya Anthonius Riyanto yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka. Buku ini sangat tepat untuk dijadikan referensi bagi Anda yang baru saja atau mau memperdalam bisnis tanaman.

Melalui buku Peluang Bisnis Tanaman, penulis yang sudah belasan tahun malang melintang menangani bisnis tanaman ini, juga membahas mengenai cara membaca peluang usaha dan persaingan pasar tanaman di Indonesia, strategi membaca selera pasar, menentukan lokasi penjualan, dan strategi promosi dan cara menentukan harga jual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.