Menu Makan Sehat untuk Diabetes Mellitus

Mencegah diabetes mellitus perlu upaya pola hidup sehat. Terutama bagi yang telah terkena penyakit ini, penekanannya lebih besar lagi. Pola ini di antaranya dengan mengatur menu makan, berolahraga, dan menghindari rokok dan alkohol. Pola ini akan berpengaruh terhadap perkembangan baik-buruknya kesehatan penderita diabetes mellitus.

Kenapa demikian? Sebab diabetes mellitus merupakan kelainan pengolahan karbohidrat dalam tubuh karena kurangnya hormon insulin sehingga karbohidrat tidak dapat dipergunakan oleh sel untuk diubah menjadi tenaga. Akibatnya, karbohidrat yang ada di dalam tubuh dalam bentuk glukosa akan tertumpuk dalam darah sehingga terjadi peningkatan glukosa dalam darah. Hal ini disebabkan oleh asupan makanan yang tidak terkontrol dan kurangnya olahraga.

Dengan menjaga pola makan sehat serta teratur berolahraga, penyakit ini bisa dicegah. Namun, bagi yang sudah terlanjur divonis menderita diabetes, pola ini bisa menjadi pengendali agar penderita bisa “hidup nyaman dan berumur panjang”. Pasalnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total.

Makanan sehat rekomendasi untuk pencegahan dan penderita diabetes mellitus mengacu kepada beberapa hal. Di antaranya, menghindari lemak jenuh, menghindari karbohidrat sederhana dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks dan serat, dan mengonsumsi produk pangan dengan indeks (IG) rendah dan indeks kekenyangan (IK) tinggi.

Masalahnya, bagaimana kita bisa membuat menu sehat sesuai ketentuan di atas? Dalam buku “Menu Sehat 30 Hari untuk Mencegah dan Mengatasi Diabetes Mellitus” yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini dijelaskan secara rinci dan sistematis daftar indeks makanan. Misalnya, indeks glisemik beberapa bahan pangan, indeks kekenyangan beberapa bahan makanan, dan indeks pembagian makanan sehari berdasarkan standar diet diabetes mellitus, indeks makanan sumber karbohidrat, sumber protein hewani, golongan sayuran, buah-buahan, dan minyak.

Selain itu, buku karya Ayu Bulan Febry Kurnia Dewi, S.KM ini memberikan resep-resepnya sekaligus selama tiga puluh hari, mulai dari makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan sore, sampai makan malam. Tentu saja, Anda akan lebih mudah membuatnya tanpa kehilangan esensi kesehatan Anda dalam mencegah dan mengendalikan diabetes mellitus.

Selain itu, menu-menu yang disajikan dalam buku ini disajikan secara menggugah selera sehingga tetap nikmat. Jenis masakannya pun masih familiar bagi Anda, seperti  omelet, rendang, tumis-tumisan, aneka panggangan, aneka salad, aneka masakan berkuah, dan aneka jus.

Selamat menempuh hidup sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.