Meraup Untung dari Bisnis Padi Organik

panen-duit--padi-organik

panen-duit--padi-organikBudi daya tanaman padi secara organik memberikan beberapa keuntungan, di antaranya mengembalikan kesuburan tanah, menjanjikan keuntungan yang Iebih besar, dan secara medis menyehatkan masyarakat. Berikut beberapa manfaat dari sistem pertanian organik.


1. Meningkatkan pendapatan petani karena adanya efisiensi manfaat sumber daya dan impressive premium produk.
2. Menciptakan Iingkungan kerja yang aman dan sehat.
3. Meminimalkan semua bentuk polusi yang dihasilkan dari kegiatan pertanian.
4. Meningkatkan dan menjaga produktivitas lahan pertanian dalam jangka panjang serta memelihara kelestarian sumber daya alam dan Iingkungan.
5. Menciptakan lapangan kerja baru dan keharmonisan sosial di perdesaan.
6. Menghasilkan pangan yang cukup aman dan berkualitas sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat dan sekaligus daya saing produk agrobisnis.

Selain itu, sistem pertanian organik juga memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

a. Efisiensi biaya.
Penanaman padi secara organik menggunakan pupuk organik, pupuk kandang, dan pestisida organik. Maka, biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada harus membeli pupuk dan pestisida kimia. Bahkan, kita bisa memanfaatkan hewan peliharaan yang kita miliki hanya dengan 4 ekor sapi sudah mencukupi kebutuhan pupuk untuk 1 hektar sawah.

b. Harga jual tinggi.
Setelah mendapatkan sertifikasi, harga beras organik varieties IR 64 atau mentik wangi sekitar Rp 8.000/kg. sementara, harga beras nonorganik hanya sekitar Rp 5.600/Kg.

C. Peluang pasar terbuka.
Pertumbuhan pasar organik diperkirakan mencapai 20—30% per tahun. Bahkan, di beberapa negara tertentu mencapai 50% per tahun. Kenaikan penjualan produk organik disebabkan adanya tingkat kesadaran konsumen yang semakin tinggi untuk menggunakan produk organik.

Bahkan, dari 94% responden di berbagai kota besar di Eropa menyatakan bahwa mereka membeli pangan organik karena mereka  sangat peduli akan kesehatan pribadi serta anggota keluarganya. Oleh sebab itu, dipastikan permintaan beras organik akan semakin tinggi sehingga peluang pasarnya semakin lebar.

Selanjutnya, bagaimana aplikasi penanaman padi organik ini? Seberapa besar asumsi biaya dan keuntungan yang diperoleh? Bagaiamana sistem pemasannya di dalam negeri dan luar negeri? Nah, buku “Panen Duit dari Bisnis Padi Organik” terbitan AgroMedia Pustaka ini membrikan petunjuk lengkap bagi Anda yang ingin mengaplikasikan pertanian padi organik.

Di dalam buku yang ditulis oleh Sugeng Sriyanto ini membahas secara praktis dan terperinci seputar kebutuhan pengelolaan pertanian padi organik, mulai dari sisi perkembangan sistem pertanian, keuntungan, standardisasi dan sertifikasi serta cara memperolehnya, persiapan budi daya, penanaman dan perawatan, pemupukan, pengairan, pengendalian hama, panen dan pascapanen, hingga pemasarannya.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan analisis usaha atau simulasi biaya pertanian padi organik sehingga Anda bisa merinci kecukupan modal yang dimiliki.

Go organic…!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.