Panduan Lengkap Kopi, dari Menanam hingga Penyajian

BukuPintarKopi

 

BukuPintarKopiIndonesia pernah dikenal sebagai negara penghasil kopi terbaik dunia sehingga banyak investor asing tertarik menanamkan modalnya untuk  membangun bisnis kopi. Dengan didukung kondisi alam yang subur dan baik, Indonesia merupakan lahan investasi prospektif dalam mengembangkan perkebunan kopi.

Ada tiga jenis kopi yang banyak ditanam di Indonesia, yaitu Arabika dan Robusta. Dari hasil riset dan pengembangan, kini telah tumbuh beberapa varietas unggulan hasil penyilangan. Misalnya dari jenis Arabika, ada Hibrido de Timor dan Rume Sudan yang tahan terhadap penyakit sehingga sangat tepat dibudidayakan.

Berdasarkan pengamatan, dalam lima tahun terakhir, harga perdagangan kopi lokal di Indonesia rata-rata meningkat sebesar 15—30%. Bahkan untuk jenis kopi Arabika, harga jualnya pada tahun 2006—2007 meningkat hingga 60%.
Selain komoditas biji kopi yang dihasilkan, perkebunan kopi juga menghasilkan limbah berupa kulit buah kopi, kulit tanduk, dan pulp yang dapat dijual atau diolah kembali sehingga menghasilkan pendapatan sampingan.

Sedangkan dalam penyajiannya, kopi merupakan minuman favorit di seluruh dunia. Di samping aspek kesadaran akan manfaat kopi bagi kesehatan, kopi memiliki cita rasa khas bagi penikmatnya. Bahkan, dengan kreativitas tertentu, kini telah muncul berbagai jenis sajian kopi berbagai rasa yang diracik sedemikian rupa, baik minuman dingin maupun hangat.

Dari kedua hal di atas, yaitu penanaman dan penyajian kopi, tentu juga menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Adapun jika Anda telah terjun di bisnis kopi, Anda bisa mengembangkannya atau meningkatkannya secara produktif untuk menghasilkan kopi yang berkualitas dan jumlah panen yang melimpah.

Buku Pintar Kopi terbitan AgroMedia Pustaka ini bisa Anda jadikan referensi yang tepat dalam mengelola usaha perkebunan kopi. Buku ini merupakan jembatan ilmu dari seorang pemerhati dan praktisi bisnis kopi untuk Anda yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis kopi.

Balam buku yang ditulis Ir. Edy Panggabean ini berisi seputar pengetahuan dan teknis penanaman, perawatan, pemanenan, hingga penyajian kopi. Di antaranya, membahas sejarah perkembangan kopi, fisiologi tanaman, jenis-jenis kopi, syarat dan lokasi tumbuh, persiapan lahan, bibit, dan penanaman, pemeliharaan, pemanenan, serta analisis usaha atau simulasi biaya usaha perkebunan kopi.  

Kemudian dilengkapi pula dengan metode pengolahan kopi, penyangraian, penilaian mutu, pengemasan, hingga pemasaran kopi di Indonesia. Tidak lupa, bagi Anda yang ingin mencoba berbagai racikan kopi dingin atau panas, Anda bisa membuatnya sendiri melalui resep-resepnya di dalam buku ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.