Panen Ikan Nila hanya 2.5 Bulan

2setengahBulanPanenIkanNila

2setengahBulanPanenIkanNilaIkan nila merupakan salah satu komoditas penting budi daya perikanan air tawar di Indonesia. Laju pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan nila tergolong sangat cepat sehingga menjadi komoditas andalan di kalangan peternak ikan untuk ‘mencetak’ rupiah. Berat ikan nila bisa mencapai 1 kg per ekor. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menjadikan ikan nila populer.

Rasanya yang khas dan tidak memiliki banyak duri membuat ikan nila digemari oleh masyarakat. Harganya pun bisa dijangkau sehingga menjadi sumber protein yang murah dan mudah didapat. Kandungan proteinnya cukup tinggi, mencapai 17.5%. karenanya, pemerintah ikut mendorong peternakan ikan nila ini untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging dan gizi masyarakat. Dan, diharapkan bisa bisa terpenuhi 60% dari perikanan.

Keuntungan lainnya, teknik budi daya ikan nila relatif mudah dan tidak serumit yang dibayangkan. Selain bisa dipelihara di kolam biasa, seperti yang umum dilakukan, ikan nila juga bisa dibudidayakan di berbagai kolam lain, seperti kolam air deras, jaring apung, karamba, sawah, bahkan di tambak air payau.

Ditambah dengan teknologi genetika, saat ini sudah mulai banyak ditemui jenis-jenis ikan nila komersial yang produktif, seperti nila lokal, nila merah, nila GIFT, nila nirwana, nila larasati, dan nila gesit. Ada tiga jenis usaha budi daya ikan nila yang banyak diterapkan, yaitu usaha pembenihan, pendederan, dan pembesaran. Ketiganya sama-sama menguntungkan, karena semuanya memiliki peluang pasar yang besar pula. Bahkan, untuk ikan konsumsi minimal berbobot 500 gram bisa diserap oleh pasar ekspor.

Peluang ini tentu sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja oleh Anda, terutama yang memiliki lahan atau modal. Selain bisa dijadikan sumber usaha utama, bisa juga menjadi sumber penghasilan tambahan. Jika Anda tertarik, Anda bisa menimba ilmunya secara praktis dan mudah dari buku 2.5 Bulan Panen Ikan Nila terbitan AgroMedia Pustaka.

Khairuman, SP. & Khairul Amri, SPi. M.Si. sengaja menyusun buku ini untuk memudahkan para pembudidaya atau calon pembudidaya dalam memulai usaha budi daya ikan nila. Uraian teknis dalam buku ini mengacu kepada teknologi perikanan yang telah dikembangkan dari beberapa penelitian, baik dalam negeri maupun luar negeri. Sasarannya, agar pembudidaya ikan nila bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya yang telah terintegrasi dengan segala jenis usaha budi daya ikan nila.

Di dalam buku ini dibahas mulai dari pengamatan prospek dan peluang pasar ikan nila, mengenal ikan nila secara umum, jenis-jenis ikan nila komersial, memilih dan menyiapkan sarana budi daya, memulai usaha pembenihan, pendederan, dan pembesaran, pengendalian hama dan penyakit, serta distribusi dan pemasaran. Dan, yang lebih menarik lagi adalah teknik budi daya sistem monosex culture sehingga ikan nila lebih cepat besar dan cepat dipanen.

Selain itu, dilengkapi pula dengan analisis usaha sehingga Anda bisa menghitung  pembiayaan yang mesti dikeluarkan sebelum memulai usaha budi daya ikan nila dengan prediksi keuntungannya. Lengkap bukan? Kini giliran Anda yang mempraktikkannya dan meraup untungnya…!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.