Pembenihan Lele


Nama: Mahakam
Email: mahakam2000@….
Pertanyaan:


Tulis Konsultasi

Apa yang dimaksud usaha pembenihan lele? 

Wasalam


Jawaban:

Usaha pembenihan merupakan kegiatan budi daya untuk menghasilkan benih lele yang siap untuk ditebar atau dibesarkan. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi pemijahan induk, penetasan telur, dan pemeliharaan burayak hingga benih lele siap tebar untuk pembesaran.


Benih lele siap tebar umumnya dalam bentuk gelondongan, yakni berumur 1—2 bulan yang selanjutnya dipelihara melalui usaha pembesaran hingga siap dikonsumsi. Biasanya, ukuran benih gelondongan dibagi menjadi tiga kelompok ukuran, yakni gelondongan kecil berukuran 2—3 cm, gelondongan sedang berukuran 3—5 cm, dan gelondongan besar berukuran 5—8 cm.

Permintaan lele siap tebar sangat tinggi. Selain dibesarkan, bibit lele digunakan sebagai pakan ikan hias atau pakan hewan peliharaan, seperti kura-kura dan ular. Usaha pembenihan lele relatif lebih cepat menghasilkan keuntungan, karena pembudidaya bisa menjual ikan dalam usia yang relatif sangat singkat, yaitu pada usia 21—30 hari. Namun, usaha ini cukup riskan, karena tingkat kematian ikan sejak menetas hingga menjadi bibit siap tebar atau gelondongan cukup tinggi.Untuk menyiasati usaha ini, diperlukan peralatan pen-dukung yang bisa meningkatkan kemampuan hidup benih. Peralatan pendukung yang bisa digunakan berupa aerator atau alat penghasil gelembung oksigen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.