Prospek Cerah dari Aneka Bisnis Ikan Konsumsi

19-peluang-ikan-konsumsi

19-peluang-ikan-konsumsiIndonesia masih kekurangan pasokan ikan yang kebutuhannya setiap tahun semakin meningkat. Berbagai jenis ikan konsumsi air tawar tidak pernah sepi pembeli. Hal ini disebabkan, di antaranya karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan manfaat ikan bagi kesehatan, juga karena harganya sangat terjangkau. Kondisi ini tentu selalu menjadi peluang emas bagi pebisnis ikan.

Perkembangan perikanan di Indonesia sudah mengalami kemajuan dengan ditemukan berbagai teknik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi. Sebut saja misalnya pada peternakan belut. Si ikan licin ini memiliki habitat di rawa-rawa atau sawah. Yang mana kondisi tanah dan suhu yang dimiliki pada dua tempat tersebut sangat cocok bagi perkembangbiakan belut. Namun, sekarang setelah ditemukan teknik-teknik penyesuaian berdasarkan penelitian dan pengalaman, peternakan belut bisa diaplikasikan di dalam kolam buatan, bahkan di dalam tong.

Oleh sebab itu, kemajuan teknik peternakan memiliki keuntungan bagi pelaku usaha peternakan, baik pemula maupun profesional untuk bisa mengaplikasikannya di berbagai tempat. Lahan sempit tidak lagi menjadi kendala utama dalam membangun peternakan ikan. Medianya bisa dibuat dari berbagai bahan yang memungkinkan bisa menampung air. Selain itu, untuk kebutuhan pakan juga bisa dibuat sendiri sesuai kebutuhannya sehingga bisa menekan biaya dan bisa mempercepat pertumbuhan ikan.

Penerapan usaha peternakan ikan bisa dipilih sesuai kemampuan dan kondisi, bisa memilih segmen pembibitan atau pembesaran. Keduanya sama-sama menguntungkan tergantung sisi pasar yang sedang berkembang dan jaringan yang dimiliki oleh peternak. Hanya saja, pembibitan ikan siklus produksinya bisa lebih cepat dibandingkan usaha pembesaran ikan.

Apa saja jenis budi daya ikan konsumsi yang mendatangkan keuntungan besar dan bisa diaplikasikan dengan mudah? Di antaranya ikan mas, lele sangkuriang, ikan nila, belut, ikan sidat, lobster air tawar, ikan bandeng, ikan gurami, dan udang galah. Jenis-jenis ikan ini sangat digemari masyarakat sehingga nilai jualnya juga semakin baik dan mudah dipasarkan.

Selanjutnya, bagaimana teori aplikasi peternakan jenis-jenis ikan ini dengan berbagai sistem yang ada? Buku 19 Peluang Bisnis Ikan Konsumsi terbitan AgroMedia Pustaka ini akan memandu Anda dengan cermat, sederhana, dan praktis dalam membangun usaha dan pengembangan peternakan ikan. Anda akan mendapatinya dari sistem tambah hingga kolam tanah dan tong, dari pembenihan hingga pembesaran, dari skala kecil hingga skala besar.

Buku ini sengaja disusun oleh Tim Redaksi AgroMedia Pustaka untuk memberikan kemudahan bagi yang ingin memulai peternakan maupun yang hendak mengembangkannya dengan berbagai pilihan jenis ikan, mulai dari pembenihan lele sangkuriang, pembenihan gurami, pembenihan nila, pendederan gurami di akuarium, pembesaran gurami di kolam terpal, pembesaran patin, pembesaran bawal, pembesaran sidat, hingga pembesaran lobster di lahan terbatas.

Di dalam buku ini, selain Anda bisa mendapati petunjuk praktis membangun usaha budi daya ikan, juga bisa memperoleh tip-tipnya dalam berbagai kendala yang biasa ditemukan dalam budi daya ikan. Selain itu, Anda juga bisa menyusun anggaran biaya melalui contoh analisis usaha yang meliputi asumsi biaya, biaya investasi, biaya produksi, dan analisis kelayakan usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.