Sukses Usaha Makanan dan Minuman dari Rumah

Usaha makanan boleh dibilang tidak ada matinya. Selama manusia hidup, selama itu pula membutuhkan makanan. Apalagi dengan jumlah jutaan penduduk Indonesia, merupakan pasar besar dan tak ada habisnya. Tentu peluang ini menjadi bidikan cerdas bagi para pengusaha makanan.

Namun, di era krisis, ketika keadaan keuangan semakin menipis, mengembangkan usaha diperlukan cara yang praktis. Usaha makanan populer ala rumahan sebagai satu alternatif tepat bagi Anda yang memiliki modal terbatas. Arti dari usaha rumahan di sini adalah melakukan aktivitas usaha makanan dari rumah sendiri, dari dapur terlebih dahulu. Otomatis dengan skala yang tidak besar, investasi kecil tidak melebihi 5 juta.

Keunggulan membuka usaha rumahan, di samping secara manajerial bisa dikendalikan langsung, modal kecil, mudah dilakukan, juga risiko kerugian yang rendah. Bagi pemilik modal terbatas, memilih usaha makanan di rumah adalah solusi yang paling tepat. Apalagi jenis makanan populer yang sudah dikenal. Dengan begitu makanan dan minuman yang dijual cepat laku.

Usaha rumahan sangat mudah dilakukan oleh siapa pun, sehingga pelaku usaha ini sangat banyak dan beragam. Sebagaimana usaha makanan dan minuman yang mudah dibuat dan ditiru oleh siapa pun, maka diperlukan kiat khusus agar tidak terjebak pada persaingan yang keras.

Persaingan keras bisa berupa harga murah atau saling sikut, sehingga lama-kelamaan makanan yang dijual kurang diminati. Buku “38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry” terbitan AgroMedia ini membahas secara detil 38 jenis usaha yang mungkin dikembangkan dengan modal di bawah 5 juta rupiah, serta memberi ide kreatif memasuki usaha makanan ala rumahan. Ide kreatif di sini adalah cara baru mengembangkan usaha ala rumahan sehingga makanan yang dijual tampil beda dan tepat sasaran.

Di samping kiat sukses membuat strategi usaha, buku yang ditulis Yuyun A ini dilengkapi secara teknis seputar pembuatan aneka jenis makanan dan minuman, mesin, dan peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan simulasi analisis usaha dan keuntungan yang mungkin didapatkan dari usaha tersebut.

Buku ini dapat menjadi panduan praktis bagi Anda, baik pemula maupun bagi yang ingin mengembangkan usahanya agar sukses dan lebih maju. Solusi tepat pengusaha makanan yang tidak ingin tergelincir ke dalam persaingan usaha yang tidak sehat dan menjadi inspirasi bagi orang yang sedang memikirkan bentuk usaha yang paling realistis, utamanya yang memiliki modal terbatas.

Tidak kalah pentingnya adalah data dan informasi disampaikan di dalam buku ini sesuai dengan kebutuhan usaha kecil menengah. Sebuah usaha yang bisa dimulai dari dapur sendiri dengan modal yang sangat terjangkau.

Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.