Tip Mengatur Pencahayaan pada Aquascape

aquascape-cahaya-2

aquascape-cahaya-2Salah satu peran penting dalam menyajikan aquascape, misalnya yaitu pengaturan cahaya. Tanpa pencahayaan yang tepat, aquascape tidak akan tampil optimal sesuai harapan. Jika cahaya sinar terlalu kecil, tanaman bakal tumbuh kerdil dan tidak sehat. Sebaliknya, jika cahaya terlalu tinggi, tanaman menjadi berlumut dan menyebabkan daun tidak mengilap.

 

 

 

aquascape-cahaya-1Salah satu peran penting dalam menyajikan aquascape, misalnya yaitu pengaturan cahaya. Tanpa pencahayaan yang tepat, aquascape tidak akan tampil optimal sesuai harapan. Jika cahaya sinar terlalu kecil, tanaman bakal tumbuh kerdil dan tidak sehat. Sebaliknya, jika cahaya terlalu tinggi, tanaman menjadi berlumut dan menyebabkan daun tidak mengilap.

Ada tiga poin yang harus diperhatikan terkait pencahayaan pada aquascape sebagai berikut.

1. Jenis dan warna cahaya
Ada beberapa jenis lampu yang ada di pasaran. Dibedakan berdasarkan angka yang diberi kode K (kelvin) pada kemasannya. Semakin tinggi angka yang tertera pada lampu, maka semakin tinggi suhunya dan cahayanya semakin biru. Pemilihan jenis warna sinar berpengaruh terhadap kesuburan tanaman. Jenis-jenis lampu tersebut di antaranya lampu neon, lampu LED, dan lampu metal halide.

 

2. Sumber cahaya
Aquascape selalu mengandalkan sumber pencahayaan dari lampu. Sinar matahari tidak cocok karena kandungan sinar infra merah dan spektrum warnanya terlalu tinggi.

 

3. Durasi penyinaran dan kadar sinar
Durasi pencahayaan perlu diatur untuk menyesuaikan kebutuhan tanaman dan besarnya kadar sinar. Agar penampilannya optimal, durasi penyinaran maksimum 12 jam per hari dan minimum 5 jam per hari yang dibagi ke dalam dua waktu penyinaran. 6 jam pertama lampu dinyalakan, 3 jam berikutnya lampu dimatikan, dan 6 jam berikutnya lampu dinyalakan kembali.

 

Gunakan rumus pencahayaan berdasarkan ukuran akuarium dan jenis tanaman, baik dengan rumus untuk tanaman berkadar cahaya rendah, medium, maupun tinggi. Misalnya, jika akuarium berukuran 60 x 30 x 40 cm, besar cahaya yang dibutuhkan adalah:

 

(60 x 30 x 40)  = 14,4 watt
      5.000

 

Kadar cahaya sebesar 14,4 watt dapat dipenuhi dengan menggunakan 1 buah lampu neon berdaya 20 watt.

Lalu, bagaimana cara menentukan kadar cahaya medium dan tinggi? Tanaman apa saja yang memiliki kebutuhan cahaya rendah, medium, dan tinggi? Semua penjelasan tersebut dapat Anda temukan secara lengkap dan praktis di dalam buku “Aquascape: Pesona Taman dalam Akuarium” karya Taufik Widjaja, Bsc. Buku ini berisi panduan lengkap dalam membuat aquascape, dari persiapan, pemilihan bahan, langkah-langkah pembuatan, aneka desain aquascape, daftar jenis tanaman, hingga perawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.