Tip Merawat Bibit Anthurium Gelombang Cinta

Siapa yang tak kenal anthurium? Tanaman hias yang satu ini memang banyak variannya. Beberapa waktu lalu, Anthurium Jenmanii memang menguasai pasar tanaman hias. Namun kini, perhatian para hobiis beralih ke Anthurium Gelombang Cinta.

Tren gelombang cinta mencapai puncaknya pada pertengahan tahun 2007. Antara bulan Agustus sampai pertengahan Oktober 2007, gelombang cinta banyak dicari pemain tanaman hias, terutama bibitnya. Sebanyak apa pun stok gelombang cinta yang dimiliki oleh penjual anthurium selalu habis dibeli.

Tak ayal, harga gelombang cinta pun mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini berimbas tak hanya pada indukan gelombang cinta saja. Melainkan pula pada bibit gelombang cinta. Satu pot bibit gelombang cinta dengan jumlah dua daun harganya mencapai Rp 35.000-Rp 40.000.

Akhir-akhir ini, gelombang cinta ukuran bibit paling laris di pasaran. Mungkin karena harganya yang paling mudah dijangkau oleh masyarakat yang ingin ikut memelihara anthurium.

Dalam perawatannya, gelombang cinta yang masih berukuran bibit tentu membutuhkan perhatian ekstra dibandingkan dengan ukuran remaja atau dewasa. Pasalnya, daya tahan bibit ini masih belum kuat. Kondisi lingkungan dan perawatan yang tidak tepat dapat membuat pertumbuhan bibit terhambat, bahkan mati.

Nah, jika Anda memiliki bibit gelombang cinta, berikut ini kami berikan sedikit tip dalam merawatnya.

  • Penyiraman sebaiknya dilakukan tiga hari sekali. Bibit anthurium sangat rentan terhadap busuk batang akibat serangan cendawan, terutama pada kelembapan tinggi. Busuk batang dapat menyebabkan bibit roboh dan mati.
  • Pemupukan sebaiknya tidak dilakukan terhadap bibit anthurium yang baru memiliki 2-3 daun karena kondisi bibit masih belum stabil. Namun bila diperlukan, pemupukan tetap dapat dilakukan asal menggunakan pupuk cair organik sesuai dosis anjuran. Amannya, pada saat membeli pupuk, minta rekomendasi dari penjual tentang jenis pupuk dan tata cara pemupukan yang benar dan aman.
  • Penyinaran sangat penting untuk menentukan roset tidaknya tanaman. Bibit yang kekurangan cahaya matahari batangnya akan memanjang sehingga susunan daunnya tidak terlihat kompak (roset). Cara mengatasinya, bibit anthurium 2-3 daun dapat dijemur diterik matahari setiap pukul 7.00-8.00 pagi. Selanjutnya, bibit diletakkan di bawah naungan paranet.

Tip merawat bibit gelombang cinta ini diungkapkan oleh Redaksi AgroMedia dalam buku Pesona Anthurium Gelombang Cinta. Buku ini membahas liku-liku tanaman yang juga dikenal dengan sebutan Wave of Love ini. Mulai dari bisnis, tata cara mengenal, merawat, memperbanyak gelombang cinta, hingga pengenalan aneka variannya. Buku ini dilengkapi pula dengan 62 foto dari 57 varian populer dan VCD-nya.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan