Memulai 4 Aksi Nyata untuk Merayakan Hari Bumi: Mulai Aksi Dari Diri Sendiri dan Miliki Keterampilan Menanam dari Ahlinya

hari bumi 2022 agromedia

Hari Bumi diperingati untuk pertama kalinya, tepatnya 52 tahun yang lalu. Gagasan ini dicanangkan oleh Gaylord Nelson, seorang pengajar lingkungan di AS. Kabarnya perayaan Hari Bumi pertama kali di Amerika Serikat tersebut diikuti 20 juta orang. Sejak itu, setiap 22 April gaung perayaan hari Bumi menyebar ke 190 negara. 

Sebelumnya pada 1960an, para aktivis lingkungan mulai menyuarakan bahwa Bumi dalam keadaan bahaya. Mengapa Bumi dalam keadaan bahaya? Perusakan lingkungan seperti pencemaran dan polusi udara menjadi pemicu pertama kekhawatiran jangka panjang pada kelangsungan kehidupan di planet Bumi. 

Poin yang perlu digarisbawahi dari isu terkini soal Bumi adalah perubahan iklim ekstrem yang nyata dirasakan semua orang di penjuru Bumi. Suhu Bumi terasa panas tidak saja di beberapa daerah dataran tinggi.

Sebutlah contoh suhu udara di Bogor. Dulu, udara di kota hujan tersebut pernah terasa dingin. Namun dalam beberapa tahun belakang ini, suhu udara berubah menjadi panas. Perubahan iklim tampaknya bukan omong kosong belaka. 

Planet Bumi sedang mengalami krisis dan perubahan iklim. Berita-berita bongkahan es di Kutub Utara yang meleleh dan beruang kutub yang kehilangan ekosistemnya pun nyata adanya. Efek rumah kaca akibat pemanasan global berimbas ke mana-mana. 

Kabar terbaru yang membuat kaget dan heran para ilmuwan adalah anomali menghangatnya temperatur di Kutub Utara dan Selatan. Menurut, washingtonpost.com, suhu di dekat Kutub Utara melambung 50 derajat di atas normal, mendekati titik leleh. Mengerikan, bukan?

Lalu apa yang mesti kita lakukan? Persoalan perubahan global iklim ekstrem memang perlu disadari bersama. Perlu dukungan dari setiap negara dalam berbagai kebijakan yang mendukung pemulihan kondisi Bumi.

Selain itu, hal paling penting adalah mulai dari diri sendiri dan membuat perubahan-perubahan secara rutin setiap hari. Misalnya, membuat suasana di pekarangan rumah dengan tanaman hijau. Menanam pohon dan mengajak anak memilah sampah. Contoh lainnya, berhemat menggunakan listrik di rumah. 

 

“The secret of change is to focus all of your energy not on fighting the old, but on building the new.” – Socrates

 

Kutipan milik Socrates yang diambil dari situs earthday.org masih relevan dengan kondisi permasalahan di Bumi saat ini. Apa arti “bangunlah sesuatu yang baru”? Mengganti dengan sesuatu yang baru, terkait penggunaan energi, bisa dicontohkan dengan beralih pada energi terbarukan pengganti energi fosil sebagai upaya mengurangi emisi karbon di di lapisan atmosfer Bumi.

Berikut ide sederhana cara memulai menyelamatkan planet Bumi yang bisa dilakukan oleh diri sendiri dan lingkungan terdekat. Dari puluhan tip dan aksi nyata dalam menjaga Bumi yang dibahas di situs earthday.org, setidaknya ada empat aksi penting yang bisa dilakukan mulai sekarang.

 

Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

Menggunakan botol air minum isi ulang atau tas daur ulang merupakan langkah-langkah kecil yang membantu mengurangi penumpukan sampah plastik. Seperti kita ketahui, sampah plastik merupakan jenis sampah anorganik yang tidak bisa diurai. Kebiasaan ini tentunya perlu dijadikan rutinitas sehari-hari.

 

Menggunakan Transportasi Umum, Bersepeda, dan Jalan Kaki

 

Salah satu aksi nyata mobilitas di perkotaan seperti menggunakan moda transportasi publik (bus, commuter line, MRT) mampu mengurangi kemacetan dan paling penting mengurangi emisi karbon di udara. Langkah lainnya, kamu bisa bersepeda atau jalan kaki. Selain lebih sehat, gerakan ini juga salah satu aksi penting dalam mengurangi polusi udara.

 

Menanam Pohon di Pekarangan Rumah

hari bumi 2022

Nah bagi yang memiliki lahan di pekarangan rumah, walaupun terbatas atau sempit, bisa menanam 1-2 pohon untuk investasi oksigen di sekitar rumah. Pohon apa yang perlu ditanam? Pohon apa saja yang tidak membahayakan atau merusak, seperti pohon-pohon yang memiliki potensi berakar meluas dan bisa merusak fondasi hunian rumah.

 

Menanam Sayuran di Teras Rumah

 

Memasak dari hasil kebun sendiri tentu lebih seru dan lebih puas. Apalagi yang ditanam itu sayuran dan buah-buahan yang kita sukai. 

Nah, mulai bulan April ini kami mengundang Anda, untuk mulai lebih peduli dengan planet Bumi. Caranya dengan menambahkan keterampilan yang dekat dengan aksi pelestarian alam di lingkungan terdekat Anda. 

Apa saja? Semua terkait dengan keterampilan tanam-menanam yang bisa dipraktikkan lahan sempit di sekitar rumah. Selain mungkin bisa menjadi hobi dan aktivitas positif, kegiatan ini juga bisa menguntungkan kamu. Bayangkan, selain untuk mengisi waktu ulang, kamu bisa menikmati hasil sayuran atau buah-buahan dari hasil menanam ini.

Yuk, ikuti cara-cara menanam sayuran hidroponik dan merawat tanaman hias yang bisa dipelajari dari buku-buku berikut ini.

 

Urban Farming ala Indonesia Berkebun

urban farming ala indonesia berkebun

 

Urban Farming Ala Indonesia Berkebun yang ditulis oleh Indonesia Berkebun berisi kisah-kisah inspiratif gerakan komunitas urban farming Indonesia Berkebun dan jejaringnya di seluruh Indonesia beserta tip dan trik berkebun untuk pemula di pekarangan dan lahan terbatas.

 

Vertikultur Bertanam Sayuran di Lahan Terbatas

vertikultur

Buku ini hadir sebagai tuntunan bagi pecinta tanaman yang ingin memulai bertanam sayuran secara vertikultur. Selain itu, buku ini juga menjabarkan media tanam dan wadah tanam yang digunakan, sehingga meminimalisasi kesalahan dalam pengaplikasiannya. Dilengkapi dengan cara membuat pestisida nabati membuat buku ini layak dijadikan pedoman pembudidaya agar tanaman tetap tumbuh sehat tanpa penggunaan bahan kimia.

Apa keunggulan bertanam sayuran secara vertikultur?

  • Menghasilkan tanaman yang optimum pada luasan lahan yang terbatas.
  • Memberikan nilai estetika keindahan di pekarangan dan dinding rumah.
  • Instalasi mudah dipindahkan, karena wadah yang digunakan bersifat praktis.
  • Tidak membutuhkan penyiangan gulma.
  • Hemat pupuk dan air.
  • Mudah perawatannya, karena tanaman mengelompok di satu lokasi.

 

Panen Sayuran dengan Hidroponik Setiap Hari

panen sayuran hidroponik

Sistem hidroponik dapat dilakukan di lahan sempit seperti pekarangan rumah. Bertanam sayuran hidroponik dapat menghemat biaya rumah tangga dan hasil panen sayurannya dapat langsung dimanfaatkan secara segar.

Mungkinkah sayuran hidroponik dapat dipanen setiap hari? Pasti bisa! Anda harus mampu memperhitungkan sayuran yang ditanam dengan masing-masing waktu panennya. Selain itu, sesuaikan jumlah bibit yang akan ditanam dengan kebutuhan keluarga Anda agar dapat dilakukan variasi panen setiap hari.

Buku ini menyajikan manajemen penanaman sayuran secara hidroponik dan pemanenan agar Anda dapat memanennya setiap hari. Dilengkapi dengan ragam jenis sayuran yang bisa diaplikasikan ke sistem hidroponik. Plus, penyajian aneka sistem hidroponik yang cocok untuk pekarangan rumah. 

 

Jago Bertanam Hidroponik untuk Pemula

jago bertanam hidroponik untuk pemula

Buku ini bisa dijadikan panduan bagi siapa pun yang akan memulai menjalankan hobi hidroponik ataupun ingin membisniskan usaha sayuran hidroponik yang telah dilakukan. Di dalamnya, dijabarkan berbagai hal terkait hidroponik, dari sistem, perlengkapan, hingga nutrisi yang digunakan untuk budi daya sayuran hidroponik. Tidak ketinggalan, teknik merakit berbagai sistem hidroponik, dari yang sangat sederhana sampai yang advance juga dijabarkan dalam buku ini. Termasuk, panduan menyemai hingga pemeliharaan sayuran sistem hidroponik sehari-hari hingga panen.

 

Hidroponik Wick System Cara Paling Praktis Pasti Panen

hidroponik wick system

Keinginan untuk berkebun sayuran sendiri di sekitar rumah membuat tren menanam secara hidroponik semakin meningkat. Selain bisa menyiasati keterbatasan lahan dan kesibukan sehari-hari, bertanam hidroponik juga sering diklaim “bebas kotor” karena tanaman tidak langsung menyentuh tanah. Apalagi, sayuran yang ditanam menggunakan metode hidroponik biasanya lebih cepat panen dibandingkan dengan sayuran yang ditanam dengan metode konvensional.

Wick system merupakan salah satu jenis sistem hidroponik yang paling mudah diterapkan, bahkan bagi hobiis pemula yang baru mulai menekuni dunia hidroponik. Kepraktisan dan kemudahan sistem ini menjadi pilihan tepat bagi hobiis yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman dan memiliki keterbatasan lahan di rumah.

Buku ini membahas berbagai keunggulan wick system dan cara merakitnya. Dilengkapi pula dengan pembahasan berbagai jenis tanaman yang dapat ditanam dalam wick system, cara merawat, memanen, hingga solusi berbagai permasalahan yang mungkin ditemui selama bertanam hidroponik.

Dapatkan buku-buku di atas dalam promo spesial Hari Bumi yang digelar hingga 30 April 2022. Kamu juga bisa mendapatkan benih sayuran dan goodie bag, sesuai dengan paket bonus. Tertarik membeli buku dan mendapatkan bonusnya? Promonya bisa ditemui di Tokopedia dan Shopee. Caranya, ketik salah satu judul buku yang termasuk ke dalam promo Hari Bumi di Tokopedia atau Shopee di bagian “Pencarian” atau “Search”. Lalu, pilih salah satu produk buku yang tampil dan lakukan transaksi seperti biasa. Yuk, kuasai keterampilan menanam sayuran dengan sistem hidroponik langsung dari ahlinya.

Tertarik membeli buku dan mendapatkan bonusnya? Promonya bisa ditemui di toko buku online berikut ini. 

 

Republik Fiksi

@republikfiksi 087885575247

Tokopedia https://www.tokopedia.com/republikfiksi

Shopee https://shopee.co.id/republikfiksi

 

Kanaya BOOKSTORE

@kanayabookstore 0897-9493-590

Tokopedia https://www.tokopedia.com/kanayabookstore

Shopee https://mall.shopee.co.id/mamakenay

 

Zahra BOOKSTORE

@zahrabookss 0813-2509-0991

Shopee https://shopee.co.id/shop/40473064

 

Buku Happy

@buku_happy 0881-4000-333

Shopee shopee.co.id/buku_happy

Tokopedia tokopedia.com/bukuhappy

 

Alifia BOOKSTORE

@alifia.bookstore 085780050008

Shopee https://shopee.co.id/mall.online

Tokopedia https://www.tokopedia.com/alifiabookstore

 

Cicangkeling

@cicangkeling_buku

Shopee https://shopee.co.id/cicangkeling

Tokopedia https://www.tokopedia.com/cicangkeling

 

Tukugan

@tukugan.id 0812-9404-4230

Shopee https://shopee.co.id/ubekbuku

Tokopedia https://www.tokopedia.com/tukugan

 

Omzai bookshop

@omzaishop 0899-3187-575

Shopee https://shopee.co.id/omzai_shop

 

April17books

@april17books 

Shopee https://shopee.co.id/aprill17

Yes24.com

 

Caranya, pilih toko buku online kesayanganmu baik di Tokopedia maupun Shopee. Lalu, ketik judul buku incaranmu di bagian “Pencarian” atau “Search” dan selesaikan transaksi seperti biasa. Yuk, kuasai keterampilan menanam sayuran dengan sistem hidroponik langsung dari ahlinya.

 

Promo buku Invest In Our Planet

 

Selamat Hari Bumi, Invest In Our Planet! 

 

 

 

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.