10 Januari: Hari Sejuta Pohon Sedunia

Agromate, sadarkah kalian bahwa kian hari suhu di bumi ini kian panas? Isu pemanasan global yang sudah santer dibicarakan sejak bertahun-tahun lalu seperti mulai menunjukkan kebenarannya.

 

hutan

Foto oleh: Denis-Carl Robidoux

Agromate, sadarkah kalian bahwa kian hari suhu di bumi ini kian panas? Isu pemanasan global yang sudah santer dibicarakan sejak bertahun-tahun lalu seperti mulai menunjukkan kebenarannya.

Banyak faktor yang menyebabkan suhu bumi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Salah satunya adalah pembalakkan/penebangan pohon secara ilegal.

Yup, seperti kita ketahui, keberadaan pohon dapat mengurangi kadar karbon dioksida (CO2) di muka bumi ini. Tidak hanya itu, pohon juga dapat mencegah terjadinya banjir karena air hujan akan terserap ke dalam tanah.

Berbagai upaya untuk menyelamatkan pohon-pohon tersebut pun sudah dilakukan. Sebut saja dengan penanaman kembali pohon di hutan yang sudah dibabat oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Sayangnya, penanaman kembali itu tidak selalu diiringi dengan pelestariannya. Padahal penting bagi kita untuk terus memantau perkembangan pohon yang kita tanam. Dengan begitu, pelestarian dan proses penghijauan kembali bisa berjalan sesuai target yang diinginkan.

Nah, mengingat pentingnya hal ini, tahukah Agromate jika setiap tanggal 10 Januari ditetapkan sebagai Hari Sejuta Pohon Sedunia? Ya, tepat di tanggal tersebut, masyarakat dunia akan memperingati Hari Sejuta Pohon dengan berbagai aktivitas yang terkait dengan pelestarian alam.

Agromate sendiri bagaimana? Apa yang akan kamu lakukan untuk menyemarakkan hari tersebut? Terlepas dari apa yang akan Agromate lakukan di Hari Sejuta Pohon Sedunia ini, yuk, kita mulai benahi lingkungan sekitar kita. Tidak hanya dengan menanam pohon saja, tetapi juga memerhatikan kelestariannya.

Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia!

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan