Agar Tanaman Hias Selalu Sehat dan Menawan

tip-merawat-19-tanaman-hias

tip-merawat-19-tanaman-hiasSetiap tanaman hias membutuhkan perlakuan khusus dan disesuaikan dengan jenisnya. Jika tidak, tanaman akan tumbuh tidak sehat sehingga penampilannya pun tidak akan sesuai yang diharapkan. Alih-alih berharap pesona dan kepuasan ketika melihatnya, tapi malah berubah menjadi kecewa.
Contohnya, tanaman hias adenium. Banyak kasus kegagalan yang dialami hobiis ketika membeli adenium. Awalnya, tanaman tersebut berbunga lebat di nursery. Namun, setelah dibawa ke rumah, banyak bunganya yang berguguran.

Idealnya, adenium selain rajin berbunga, juga memiliki penampilan yang anggun dan kokoh. Salah satunya ialah jenis dwarf, yakni adenium yang pendek, kekar, dan tampak gendut. Dari ratusan anakan adenium, mungkin hanya 2—3 tanaman yang berbakat dwarf. Karena terbilang langka sehingga jenis ini  menjadi buruan dan idola kolektor.

Cirri-ciri anakan adenium yang berbakat dwarf adalah pendek, node (titik tumbuh) daun rapat, dan ukuran daun kecil. Bakat dwarf baru bisa terlihat ketika usia adenium 4—6 bulan. Jika pada usia tersebut adenium telah menunjukkan ciri dwarf, selanjutnya tinggal dilakukan perlakuan khusus. Misalnya, dengan memangkas daun adenium sebanyak 4—6 helai sesering mungkin agar menghambat proses fotosintesis.

Selain itu, umumnya tanaman adenium akan tumbuh terus ke atas sampai beberapa meter selama pucuk tunas masih ada. Adanya pucuk ini menyebabkan pertumbuhan tunas samping terhambat. Maka, agar adenium tumbuh rimbun, pucuk atas mesti dipotong sehingga membentuk banyak cabang samping. Pemotongan dilakukan sekitar 5 cm di atas bekas okulasi atau percabangan.

Bagaimana dengan tanaman hias lainnya? Bagaimana agar tumbuh subur, rajin berbunga, serta memperoleh penampilan sesuai yang diharapkan? Buku “Tip Jitu Merawat 19 Tanaman Hias Populer” terbitan AgroMedia Pustaka ini cukup mewakili bagi Anda untuk mendapatkan jawabannya.

Redaksi AgroMedia Pustaka sengaja menyusun buku ini untuk membantu para hobiis tanaman hias dalam merawat 19 jenis tanaman hias populer agar selalu sehat dan tampil menawan. Dengan kemasan bentuk tanya jawab, menjadikan buku ini enak diserap dan dipahami sehingga seolah Anda sedang berkonsultasi dengan ahli tanaman hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.