Berkreasi dengan Kue Kering Hias

Jakarta-AgroMedia. “Selamat datang para pengunjung Pesta Buku Jakarta. Ayo, mampir ke panggung utama karena di sini akan ada talkshow dan demo Kue Kering Hias,” begitu sapaan Ezy pada seluruh pengunjung PBJ 2009.

Kamis (02/07), AgroMedia Pustaka menggelar talkshow dan demo membuat kue kering hias bersama Peni Respati, penulis buku Kue Kering Hias yang berlangsung sejak pukul 13.00 – 15.00 WIB di panggung utama Pesta Buku Jakarta 2009.

Tempat duduk yang disediakan oleh panitia pun, terlihat penuh oleh pengunjung yang penasaran dengan pembuatan kue kering hias ini. Bentuknya yang lucu dan warna yang beragam, menjadi daya pikat tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya.

“Membuat kue kering hias ini mudah kok,” kata Peni membuka percakapan. “Awalnya, saya membuat kue kering klasik. Berhubung kue kering klasik bentuk dan warnanya itu-itu saja, akhirnya saya membuat terobosan baru melalui kue kering hias ini,” katanya menambahkan.

Jika melihat tampilan dan warnanya, siapa pun akan tergiur untuk mencobanya. Apalagi anak-anak, mereka pasti ingin langsung mencicipinya. Namun, tidak sedikit pengunjung yang mempertanyakan warna-warni dari kue kering hias ini. Mereka takut, warna-warna tersebut tidak aman jika dikonsumsi.

“Bapak-Ibu tidak perlu takut,” kata Peni menegaskan. “Saya selalu menggunakan pewarna makanan saat membuat kue kering hias ini. Jadi, semua warna yang ada di kue kering ini berbahan dasar makanan.”

Selain tampilan dan warna yang menarik, kue kering hias ini juga memiliki bentuk yang beragam. Oleh karena itu, jangan heran jika kue kering hias ini bisa digunakan sebagai suvenir.

Berkaitan dengan hal itu, salah seorang pengunjung menanyakan, apakah kue kering ini mudah meleleh jika dibawa kemana-mana? Peni pun menjawab tidak.

“Kue kering ini keras sekali. Proses pembakaran dilakukan beberapa kali. Pertama saat kita membuat kue keringnya. Kedua, pembakaran dilakukan setelah kita menghiasnya. Dengan begitu, kue kering hias ini lebih keras dari sebelumnya,” kata Peni.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuatnya, saran dari Peni adalah gunakan bahan-bahan berkualitas agar hasil yang digunakan maksimal, serta gunakan butter dan margarin dengan perbandingan 75% : 25% untuk rasa yang lebih gurih.

Saat Peni mulai mempraktikkan cara membuat kue kering hias ini, hampir seluruh pengunjung maju ke panggung utama untuk melihat lebih dekat proses pembuatannya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang turut mencoba membuatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.