Cara Cepat Membesarkan Tokek

Nama : Cilung
Email : vijecilung@….
Pertanyaan:


Tulis Konsultasi

 

Salam kenal bro.
Bagaimana cara membesarkan tokek dengan cepat, menjinakkannya dan menambah nafsu makannya. Pasalnya, saya sudah memelihara tokek hampir kurang lebih 1 tahun, tapi tetap lambat pertumbuhannya. Adapun pakan yang saya kasih adalah belalang, jangkrik, dan larva ulat sagu.

Jawaban :

Salam kenal kembali.
Teknik pembesaran tokek bisa dibaca pada buku “Dahsyatnya Bisnis Tokek” pada bab memompa bobot tokek. Membesarkan atau menambah bobot tokek dengan cepat bisa dilakukan dengan memperhatikan antara lain, suplai makanan yang mengandung banyak protein secara teratur, seperti yang Anda lakukan sudah baik sekali. Namun, yang lebih penting adalah apakah kandang dan letak kandang sudah menunjang kenyamanan tokek?

Kandang yang ditempatkan pada tempat yang sangat gaduh dan terlalu terang akan memengaruhi kenyamanan tokek sehingga tokek stres dan nafsu makan otomatis berkurang. Nafsu makan tokek bisa bertambah apabila tingkat kenyamanan dalam kandang dapat dipertahankan. Apakah kondisi dan peletakan kandang tokek yang Anda pelihara sudah cukup memenuhi syarat seperti pada halaman 47 di dalam buku Dahsyatnya Bisnis Tokek?

Apabila Anda sudah melakukannya, coba perlakukan kandang dengan cara menutup dengan kain di siang hari, dan buka penutup kain tersebut saat sore hari (menjelang malam).  Tokek rumah atau tokek pohon (Gecko) tidak bisa jinak layaknya tokek hias, karena karakter dan sifat genetik dari tokek itu sendiri.  

Namun, apabila sudah dipelihara dalam kandang dan Anda selalu memperlakukan dengan baik tingkat kejinakannya akan lebih baik daripada yang belum dipelihara dalam kandang. Oya, perlu kami tambahkan, tokek yang menunjukkan tingkat penambahan bobot dan besar badan lebih cepat adalah tokek jantan. Sedangkan betina sangat lambat.  Jadi, saya sarankan apabila Anda ingin membesarkan tokek dengan tujuan tertentu, pilih yang jantan saja. Namun, apabila tujuannya untuk budi daya, pasti jelas harus ada betinanya agar dapat berkembang biak. Nah, tokek yang Anda pelihara selama setahun jantan atau betina?

Mau tahu bagaimana mengenali tokek jantan dan betina, kami telah menguraikan di dalam buku tersebut.

Selamat mencoba dan sukses selalu.

Ir. Agus Broto Susilo dan Purwadaksi Rahmat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.