Cara Cerdas Memilih dan Merawat Arwana

Di kalangan masyarakat menengah ke atas, terutama di Asia, arwana bisa dikatakan sebagai ikan hias nomor satu yang paling digemari. Arwana memiliki keunikan yang tidak didapati pada ikan hias lainnya. Kepopulerannya seakan tidak pernah surut oleh waktu. Bahkan, ketika popularitas ikan hias merosot, arwana tetap diminati. Hingga kini, penggemar arwana semakin bertambah. Dari sisi harga, arwana juga memiliki daya jual tinggi dan lebih stabil dibandingkan dengan jenis-jenis ikan hias lainnya. Biasanya, jika ikan hias mengalami penurunan popularitas, maka akan diiringi dengan penurunan harga jualnya. Namun, tidak berlaku bagi Arwana.

Di mata hobiis arwana, tidak semua jenis arwana yang ada memiliki daya tarik. Untuk jenis yang paling digandrungi masih bercokol pada arwana super red dan golden red. Kedua jenis ini, terutama super red, memiliki popularitas yang luar biasa. Setelah itu, disusul oleh jenis-jenis lainnya, baik lokal maupun luar negeri, seperti arwana golden red, arwana hijau, arwana Irian, Malaysian gold, black brail, dan silver arwana.

Akan tetapi, untuk mendapatkan sekaligus menikmati pesona arwana, tentunya tidak segampang memelihara ikan biasa. Kita memerlukan pengetahuan yang mencukupi, mulai dari pengetahuan tentang sifat-sifat arwana, teknik membeli, sampai kepada perawatan. Pengetahuan seperti ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kekecewaan dan kerugian bagi hobiis arwana.

Jika ingin membeli arwana dari penjual ikan hias atau dari hobiis lain, kita perlu meneliti apakah arwana tersebut berkualitas baik atau tidak. Hal ini bisa dilihat dari anatomi arwana pada sifat-sifat yang dimiliki oleh masing-masing anggota tubuhnya.

Misalnya, secara umum, postur tubuhnya bagus dan sempurna, panjang badannya tiga kali lebar badannya, memiliki kumis lengkap berjumlah dua helai atau sepasang dan tidak panjang sebelah, matanya bulat terlihat segar, cerah, dan bening, mulutnya lebar dengan rahang kokoh yang mengarah ke atas, dan siripnya bergerak sempurna sesuai fungsinya.

Tentu saja tidak hanya itu, masih banyak hal lain yang mesti diketahui oleh hobiis arwana, terutama bagi pemula yang baru terjun memelihara arwana. Sebab, sudah jadi rahasia umum, setiap keistimewaan yang ingin diperoleh tentu proses dan pengorbanannya pun akan lebih besar serta sepenuh hati.

Selanjutnya, dari manakah kita mendapatkan informasi yang praktis, namun mencukupi untuk menunjang pengetahuan seputar arwana ini. Penerbit AgroMedia Pustaka telah menjawab semua kebutuhan Anda mengenai “si Ikan Naga” ini dengan menerbitkan “Buku Pintar Memilih & Merawat Arwana”. Buku ini disusun oleh praktisi PT Arwana yang telah berpengalaman di bidang bisnis arwana.

Buku ini akan memberikan penjelasan kepada Anda bagaimana mengetahui arwana dari berbagai aspeknya secara mudah. Yakni, mulai dari mengenal jenis dan sifat-sifat arwana, teknik membeli arwana, ciri-ciri arwana berkualitas, perlengkapan dan teknik perawatan arwana, problem dan solusi perawatan arwana, sampai hama, penyakit, dan pengendaliannya. Buku ini merupakan cara cerdas memilih dan merawat arwana.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.