Cara Tepat Memilih dan Merawat Reptil dan Amfibi Kesayangan

35-reptil-amfibi

35-reptil-amfibi

 

Hobiis reptil semakin meningkat, terutama didukung oleh komunitas yang semakin meluas. Beragam alasan para hobiis memelihara reptil, mulai dari sekadar iseng, cinta hewan, hingga ke tingkat investasi. Beberapa jenis reptil memang sangat menarik dipelihara. Reptil memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya. Hewan jenis ini sebagiannya membahayakan manusia dan sangat jarang dipelihara sebelum merambahnya hobiis reptil.

Oleh sebab itu, sebelum memelihara reptil, Anda perlu memiliki wawasan yang cukup sebelum membelinya. Masing-masing jenis memiliki karakter yang berbeda dan sekaligus perawatan yang berbeda pula. Kesalahan perawatan, bisa berakibat buruk bagi reptil kesayangan Anda, seperti terserang penyakit dan terganggu pertumbuhannya.

Salah satu reptil yang sudah lama digemari ialah iguana hijau (green iguana). Iguana merupakan jenis kadal pohon yang berasal dari Amerika. Karenanya, diperlukan perawatan yang tepat untuk menunjang adaptasi agar si kadal hijau ini tumbuh sehat. Dengan pemeliharaan yang baik, iguana dapat hidup hingga 30 tahun. Bobotnya dapat mencapai bobot 10—15 kg dan panjang 1.5—2 meter. Semakin besar dan semakin menarik penampilannya, harganya pun akan semakin mahal sehingga memiliki nilai investasi yang menguntungkan bagi para hobiis.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membeli iguana, Anda mesti memilihnya secara tepat. Di antaranya, memilih iguana yang sehat dengan ciri-ciri terlihat aktif bergerak, tubuhnya mulus, memiliki nafsu makan yang baik, dan berwarna hijau cerah. Hindari memilih iguana berwarna hijau kekuningan, kehitaman, atau terdapat benjolan, seperti luka kering di kulit. Kemudian persiapkan kandangnya dengan ukuran tiga kali lebih besar daripada ukuran tubuhnya. Di dalamnya, sediakan batang kayu, tempat makan dan minum, lampu UVA atau UVB, dan alas kandang.

Untuk menunjang kesehatannya, Anda juga perlu memberikan asupan vitamin dan kalsium tambahan. Sedangkan untuk menjaga pertumbuhannya, iguana mesti dipuasakan selama 3—4 hari dalam satu bulan. Tujuannya, agar iguana tidak mengalami obesitas sehingga tubuhnya tetap proporsional dan terlihat menarik. Dalam kondisi tertentu, iguana juga dapat terserang penyakit metabolic bone disease (MBD), salmonella, atau gagal ganti kulit. Jika terserang salah satu penyakit ini, Anda perlu segera menanganinya.

Buku Memilih dan Memelihara 35 Jenis Reptil & Amfibi Paling Digemari ini akan membantu Anda dalam memelihara iguana kesayangan Anda secara tepat. Tidak hanya itu, buku terbitan AgroMedia Pustaka ini juga berisi panduan memilih dan merawat 35 jenis reptil dan amfibi, mulai dari berbagai jenis ular, jenis kadal dan biawak, jenis leopard gecko, hingga jenis katak.

Buku ini disusun oleh DeRIC, yaitu komunitas pecinta reptil dan amfibi di kawasan Depok, Jawa Barat. Mereka sudah cukup berpengalaman dalam memelihara reptil dan amfibi sekaligus menjalin komunikasi dan pengenalannya kepada masyarakat. Penulis menyajikannya secara praktis pembahasannya, mulai dari cara memilih berbagai jenis reptil dan amfibi, karakteristik, jenis makanan, perawatan, hingga pencegahan dan penanganan penyakit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.