Cerdas & Tepat Mengolah Sampah

Peningkatan volume sampah tidak terlepas dari pertambahan jumlah penduduk. Sekarang, mari kita berhitung. Kalikan jumlah sampah yang Anda buang hari ini sebanyak hari dalam sebulan dan jumlah tahun yang sudah dilewati, kalikan lagi dengan seluruh penduduk bumi ini. Anda akan menemukan angka yang sangat fantastis! Satu hal yang memprihatinkan, sebagian besar dari sampah yang kita buang akan menetap beribu bahkan berjuta tahun di dalam tanah, tanpa bisa terurai.

Sampah-sampah ini apabila tidak ditangani dengan serius dan tidak adanya kesadaran masyarakat mengenai permasalahan sampah, akan timbul aneka masalah yang besar. Misalnya, wabah penyakit, tersumbatnya aliran air sehingga bisa menimbulkan banjir, bahkan bisa meningkatnya pemanasan bumi.

Padahal, sampah memiliki manfaat yang besar apabila ditangani dengan serius. Terutama sampah organik yang bisa kembali diolah menjadi kompos yang sangat menyuburkan tanah. Dan, melalui cara ini, sampah akan mudah kembali terurai sehingga tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan makhluk hidup. Bahkan, bisa menjadi nilai bisnis yang sangat menguntungkan.

Teknik pembuatan kompos sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya bahan baku, sebab sampah organik bisa kita dapatkan dengan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan sederhana dengan membuat komposter seusai kebutuhan. Jenis-jenis komposter yang biasa digunakan untuk membuat kompos, di antaranya komposter daun, komposter belimbing, komposter kipas, komposter eksklusif, dan komposter gantung.

Sebelum membuat kompos, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, yaitu komposisi bahan, reaksi kimia, tempat, dan waktu yang menunjang dalam pembuatan kompos. Tujuannya, agar hasil kompos yang kita buat memenuhi standar. Sebab, dengan kurangnya komposisi air saja dalam bahan mentah, bahan akan bercendawan sehingga proses penguraian berjalan lambat dan tidak  sempurna.

Dalam buku “Bijak & Cerdas Mengolah Sampah” yang ditulis oleh Teti Suryati ini, Anda akan menemukan cara-cara termudah dan praktis, namun memiliki tingkat hasil kompos yang berkualitas dan sempurna. Anda tidak perlu bagaimana mengelola sampah secara produktif, baik di rumah Anda maupun di sekitar lingkungan Anda.

Melalui buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini membahas secara detil bagaimana mengolah sampah. Yakni, kronik Ibu Teti Suryati dalam mengelola sampah hingga mampu menciptakan lingkungan yang asri dan sejuk berkat pupuk kompos, problematika sampah dan pengetahuan di dalamnya, teknik pembuatan komposter dan pembuatan kompos skala rumah tangga, teknik alternatif pembuatan kompos cair, gantung, dan celup, sampai kepada analisa usaha pembuatan kompos.

Buku ini sangat tepat bagi Anda yang ingin bijak dan cerdas menyikapi masalah lingkungan. Anda akan menjadi bagian dari komponen penting dalam melestarikan dan menjaga bumi dari kerusakan. Selamat berkarya, semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.