Dr. Ir. Meika Syahbana Rusli, M.Sc.

meiki-syahbana-rusli

meiki-syahbana-rusliLahir di Palembang, 5 Mei 1962. Menyelesaikan pendidikan S1 di Institut Pertanian Bogor dan pendidikan S2 di University of Goettingen, Jerman.

Pada tahun 1998, beliau menyelesaikan pendidikan S3 dalam bidang teknik proses agroindustri di University of Goettingen. Pada tahun 2000–2002 memperoleh pengalaman industri (industrial experience) pada suatu perusahaan minyak atsiri nasional.

Sejak tahun 2006 dipercaya menjadi konsultan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pertanian sebagai tenaga ahli utama dalam pengembangan Master industri dan sentra produksi minyak atsiri. Beliau juga ikut terlibat Iangsung dalam proses pembentukan Dewan
Atsiri Indonesia (DAI) dan ditunjuk sebagai Sekretaris Eksekutif Dewan Atsiri Indonesia (DAI) sejak tahun 2007 hingga sekarang. Pakar minyak atsiri ini Bering mewakili DAI dalam konferensi maupun kongres internasional mengenai minyak atsiri di luar negeri.

Di sela-sela kesibukannya sebagai dosen di Institut Pertanian Bogor, pria ini kerap mengunjungi dan memberikan pelatihan ke sebagian besar sentra produksi minyak atsiri di tanah air. Selain aktif sebagai pembicara pada berbagai event nasional tentang minyak atsiri, penulis juga terus mengembangkan dan meneliti mengenai perancangan dan perbaikan proses penyulingan maupun ekstraksi minyak atsiri. Buku ini merupakan karya pertamanya yang diterbitkan di AgroMedia Pustaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.