Dr. Ir. Raffi Paramawati, MSi

raffi-paramawati

raffi-paramawatiLahir di Yogyakarta, 4 Oktober 1957. Pada tahun 1981, ia menamatkan pendidikan sarjana strata satu di Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Kemudian beliau menyelesaikan pendidikan pascasarjana .. di bidang Teknologi Pasca Panen dan melanjutkan pendidikan doktoral di bidang Ilmu Pangan (proses dan rekayasa pangan) di Institut Pertanian Bogor.

Saat ini, penulis bekerja sebagai peneliti di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Serpong, Tangerang, Banten sekaligus menjadi staf dosen Program Master Jurusan Teknologi Pangan dan Fakultas Teknologi Industri Universitas Pelita Harapan.

Sejak tahun 2003, penulis sudah aktif untuk meneliti khasiat manggis bagi kesehatan. Metode ekstraksi antioksidan pada kulit manggis yang dilakukannya telah mampu memberikan kontribusi terhadap pemanfaatan manggis bagi kesehatan, yaitu adanya produk ekstrak kulit manggis siap konsumsi. Penelitian penulis mengenai khasiat kulit manggis juga telah dipublikasikan dalam beberapa pertemuan ilmiah.

Penulis juga aktif di beberapa organisasi seperti Anggota Majelis Perekayasa BPPT, Ketua Tim Penilai Instansi, Ketua Dewan Redaksi Jurnal Enjiniring Pertanian, serta Anggota Dewan Redaksi Indonesia Journal of Agricultural Sciences. Beberapa penghargaan juga pernah beliau terima, seperti penghargaan Satya Lencana Karya dari Presiden RI tahun 2008 atas pengabdiannya selama 20 tahun. Ibu Raffi begitu sapaannya, telah banyak melakukan penelitian di bidang teknologi pangan, khususnya tentang manggis yang tidak hanya dipublikasikan secara nasional, tetapi juga publikasi internasional.

Bukunya yang diterbitkan AgroMedia Pustaka:

Dahsyatnya Manggis untuk Menumpas Penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.