Inilah Cara Menanam Sayuran Hidroponik Menggunakan Botol Bekas Air Mineral

hidro

Lahan terbatas kini bukan lagi menjadi masalah bagi para pecinta kegiatan bercocok tanam. Pasalnya, kita bisa menyiasati kegiatan tersebut dengan menggunakan metode hidroponik. Kapan dan di mana saja, asal unsur-unsur yang terdapat di dalam tanah tercukupi, kita sudah bisa menanam aneka sayuran atau buah untuk di konsumsi.

 

hidro

Ya, budi daya hidroponik memang termasuk salah satu solusi bertanam yang mudah untuk dipraktikkan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Mudah karena kita tidak perlu mengotori tangan dengan tanah, menyiram tanaman secara manual, atau berpanas-panasan di bawah terik matahari.

Untuk membuat hidroponik, kita bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar. Salah satunya adalah botol bekas air mineral. Persiapan membuat hidroponik botol air mineral pun tidaklah rumit. Cukup siapkan botol air mineral ukuran 1 liter, media tanam (rockwool atau floral foam), sumbu flanel, gunting, cutter, dan paku untuk melubangi botol air mineral.

Sedangkan untuk pengairan hidroponik botol air mineral bisa dilakukan dengan sistem rakit apung dan sumbu.

Nah, berikut adalah langkah-langkah merakit hidroponik botol air mineral.

•    Potong botol bekas air mineral menjadi dua bagian menggunakan gunting atau cutter.
•    Panaskan paku, lalu buat beberapa lubang berdiameter 1 cm di potongan botol bagian atas maupun bawah untuk aerasi. Namun, jika pemberian nutrisi menggunakan sistem sumbu, biarkan tutup botol tetap di tempatnya, kemudian buat lubang tepat di tengah-tengah tutup botol untuk memasukkan sumbu flanel.
•    Jika pemberian nutrisi menggunakan sistem apung, buka tutup botol sehingga akar menembus media tanam lalu berkembang di permukaan larutan nutrisi.
•    Masukkan potongan botol bagian atas ke potongan botol bagian bawah yang sudah diisi larutan nutrisi.
•    Masukkan media tanam ke dalam potongan botol bagian atas.

Masih bingung? Ikuti saja ilustrasi membuat hidroponik di bawah ini.

hidro1-2 
 hidro3-4
 hidro5-6
hidro7-8 

 

Bagaimana, mudah kan membuatnya? Kini, saatnya Anda mempraktikkannya sendiri di halaman rumah.


bertaman-sayuran-hidroponikBertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm karya Heru Agus Hendra (Paktani Hydrofarm) & Agus Andoko berisi cara merakit aneka sistem hidroponik, membuat sendiri larutan nutrisi, memilih ragam jenis sayuran yang bernilai jual tinggi, mengoptimalkan perawatan sayuran hidroponik, serta tip dan trik mengatasi berbagai problem hidroponik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.