Ir. Sunarko, M.Si.

Lahir di Kendal, 29 Agustus 1955. Lulus dari Fakultas Pertanian, UGM, Yogyakarta pada tahun 1981. Menyelesaikan pendidikan S2 di Fakultas Antar Bidang, Jurusan Ilmu Lingkungan, UGM pada tahun 1999.

Pernah bekerja sebagai karyawan PT Perkebunan XXIX Surabaya dengan jabatan sinder (asisten kebun) tahun 1981-1984, sinder kepala (asisten kepala) tahun 1984-1985, administratur kebun tahun 1985-1988, dan site manajer tahun 1988-1992. Sebagai Kepala Biro SPI tahun 1992-1995.

Sejak tahun 1995 sampai sekarang menjadi tenaga profesional dan struktural di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta. Saat ini, bertindak sebagai Koordinator Kelompok Kompetensi (Kepala Bagian/Bidang) Manajemen Produksi Tanaman, serta dosen dan konsultan perkebunan.

Terlibat dalam beberapa projek sebagai koordinator dan anggota tim manajement training petugas perusahaan dan petani pekebun, konsultan dalam consult-training (mencari dan memecahkan permasalahan perkebunan), dan partnership consulting (pendampingan dan pemberdayaan petugas perusahaan perkebunan dan mitranya, dengan mendampingi mencari alternatif solusi hingga implementasi solusi permasalahan di perkebunan).

Perusahaan perkebunan yang pernah ditanganinya adalah Perusahaan Perkebunan Negara (PTPN) dari PTPN VII sampai XIV di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Perusahaan perkebunan swasta yang pernah ditanganinya antara lain PT SWK dan PT Sumarco (Bangka), PT AIK dan PT AKM (Kalimantan), serta PT TBM di Sulawesi Barat.


Bukunya yang diterbitkan AgroMedia Pustaka:
 – Petunjuk Praktis Budi Daya & Pengolahan Kelapa Sawit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.