Keajaiban 30 Buah untuk Mencegah dan Mengatasi Aneka Penyakit

the-miracle-of-fruits

the-miracle-of-fruits

Kekayaan buah-buahan di Indonesia menjadi tambahan keberkahan bagi penduduknya. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata hampir setiap buah-buahan nusantara memiliki khasiat dahsyat untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit. Pasalnya, di dalamnya terdapat senyawa aktif, vitamin, dan mineral. Terutama kandungan senyawa fitokimia yang fungsi utamanya sebagai antioksidan, seperti polifenol, karotenoid, beta-karoten, lutein, likopen, zeaxanthin, flavonoid, resveratrol, quercetin, antosianin, limonene, dan asam ellagat.

 

Khasiat kandungan buah-buahan tersebut dapat mencegah dan mengobati penyakit degeneratif, seperti diabetes melitus, jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, kanker, dan penyakit sendi. Buah-buahan juga dapat berfungsi sebagai anti-peradangan dan anti-bakteri sekaligus membantu mengatur jalannya fungsi organ tubuh karena kandungan mineral dan vitaminnya yang kaya. Kandungan serat di dalam buah juga ikut berperan terhadap efek kesehatan untuk mengikat dan mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh, mencegah dan mengatasi obesitas, jantung, serta kanker.

Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2005 menyebutkan serat berperan untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Setiap konsumsi 10 gram serat dalam sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 14% dan menurunkan risiko kematian akibat jantung koroner sebesar 30%. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui lebih jauh keajaiban dan khasiat buah-buahan terhadap kesehatan. Pada kesimpulannya, selalu ditemukan khasiat-khasiat baru pada berbagai jenis buah konsumsi.
    
Di antaranya mengenai kandungan polifenol yang mewakili kelompok besar sebagai antioksidan. Menurut sebuah penelitian, menyebutkan bahwa polifenol terbukti mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit kanker, jantung, pembuluh darah, dan penyakit syaraf. Kandungan polifenol ini dapat ditemukan di antaranya di dalam buah stroberi, anggur, apel, delima, dan durian. Senyawa polifenol pada anggur dikenal sebagai resveratrol dan antosianin. Resveratrol dapat mencegah penyakit jantung, tulang, sendi, antipenuaan dini, dan antikanker (kolon, prostat, dan payudara).

Sedangkan senyawa kimia lainnya yang sangat berkhasiat ialah asam ellagat. Asam ini merupakan salah satu senyawa yang dapat menumpas kanker. Berdasarkan penelitian di Hollings Cancer Center, Medical University of South California (MUSC) menerangkan bahwa asam ellagat berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel tidak normal (sel kanker) pada usus manusia dan mencegah terinfeksinya sel-sel tubuh dari human papiloma virus (HPV) yang terkait dengan penyakit kanker rahim. Buah-buahan yang diketahui memiliki kandungan asam ellagat di antaranya, anggur, mangga, rambutan, dan stroberi.

Terdapat 30 jenis buah-buahan favorit yang dapat Anda pilih untuk menunjang kesehatan dan pengobatan jika Anda sedang mengalami gangguan penyakit. Semua penjelasan dan penerapannya, dapat Anda dapatkan di dalam buku “The Miracle of Fruits” terbitan AgroMedia Pustaka. Buku ini berisi penjelasan manfaat buah terhadap kesehatan, pencegahan, dan penanganan penyakit, nilai gizi buah, kandungan senyawa aktif dalam buah, cara pengolahan dan penyimpanan buah, serta macam menu olahan dari buah.

Dari ke-30 buah-buahan tersebut, di antaranya anggur, apel, avokad, belimbing, buah naga, ceri, delima, durian, jambu biji, jeruk, kiwi, lengkeng, mangga, manggis, melon, nanas, nangka, pepaya, pepino, pir, pisang, rambutan, salak, sawo, sirsak, srikaya, dan stroberi. Buku ini ditulis oleh Desty Ervira Puspanigtyas, S.Gz menggunakan bahasa yang mengalir dan enak dicerna sehingga mudah dipahami oleh setiap lapisan pembaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.